Upaya Meningkatkan Berpikir kritis dan Hasil Belajar IPS Sejarah Dengan Menerapkan Strategi Inkuiri Sosial di Kelas VII D SMP Negeri 1 Bawen Tahun Ajaran 2010/2011


Ike Wahyuni , 3101407067 (2011) Upaya Meningkatkan Berpikir kritis dan Hasil Belajar IPS Sejarah Dengan Menerapkan Strategi Inkuiri Sosial di Kelas VII D SMP Negeri 1 Bawen Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Upaya Meningkatkan Berpikir kritis dan Hasil Belajar IPS Sejarah Dengan Menerapkan Strategi Inkuiri Sosial di Kelas VII D SMP Negeri 1 Bawen Tahun Ajaran 2010/2011]
Preview
PDF (Upaya Meningkatkan Berpikir kritis dan Hasil Belajar IPS Sejarah Dengan Menerapkan Strategi Inkuiri Sosial di Kelas VII D SMP Negeri 1 Bawen Tahun Ajaran 2010/2011) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran IPS Sejarah di kelas VII D SMP Negeri 1 Bawen kurang maksimal. Siswa masih pasif saat pelaksanaan pembelajaran dan masih didominasi oleh guru. Oleh karena itu, kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah dan belum mencapai ketuntasan minimal yang telah ditentukan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menerapkan strategi inkuiri sosial dapat meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar IPS Sejarah siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Bawen Tahun Ajaran 2010/2011?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi inkuiri sosial dalam meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar IPS Sejarah kelas VII D SMP Negeri 1 Bawen tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus. Setiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII D SMPN 1 Bawen yang berjumlah 35 orang siswa. Data tentang hasil belajar diperoleh dari tes evaluasi yang diberikan setiap akhir siklus. Data tentang aktivitas belajar siswa, berpikir kritis siswa dan kinerja guru diperoleh dari lembar observasi. Data tersebut kemudian dianalisis dengan statistika deskriptif. Siswa dinyatakan tuntas belajar apabila nilai tes mata pelajaran sejarah ≥67, dengan persentase ketuntasan belajar ≥ 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri sosial dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPS sejarah siswa kelas VII D SMPN 1 Bawen tahun ajaran 2010/2011. Siklus I kemampuan berpikir kritis mencapai 59,86% dengan kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 77,36% dengan kategori baik. Sedangkan, sebelum penelitian nilai rata-rata kelas hanya sebesar 68,91 dengan ketuntasan klasikal sebesar 48,57%. Siklus I nilai rata-rata mencapai 72,29 dengan ketuntasan klasikal 71,43%. Selanjutnya, siklus II nilai rata-rata juga mengalami peningkatan sebesar 80,00 dengan ketuntasan klasikal mencapai 94,59%. Pada siklus II terjadi peningkatan dan sudah memenuhi indikator keberhasilan yaitu ketuntasan belajar klasikal 75%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bahwa strategi inkuiri sosial dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam mempelajari IPS materi sejarah, sekaligus dapat meningkatkan aktivitas sosial siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Strategi Inkuiri Sosial
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Oct 2011 05:23
Last Modified: 25 Apr 2015 05:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5136

Actions (login required)

View Item View Item