PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING SECARA DARING


Yoga Indrajatmoko, 4201417061 (2021) PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING SECARA DARING. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING SECARA DARING] PDF (PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING SECARA DARING) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi covid-19 yang melanda dunia membuat pendidikan di dunia, utamanya di Indonesia yang memiliki masalah dengan berlangsungnya pembelajaran secara daring. Pembelajaran dilakukan dengan cara daring yang mengakibatkan banyak kesalahpahaman dalam penyampaian materi yang diajarkan. Penguasaan konsep dan keterampilan pemecahan siswa kurang ditekankan dalam pembelajaran yang berlangsung dikarenakan kondisi dan juga metode pembelajaran yang belum memenuhi kebutuhan siswa pada pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan antara pembelajaran menggunakan pembelajaran berbasis proyek menggunakan metode mind mapping terhadap pembelajran dengan membaca mandiri disertai penugasan pada aspek pemahaman konsep dan keterampilan pemecahan masalah, serta guna mengetahui respons siswa yang telah belajar menggunnakan pembelajaran berbasis proyek pada metode mind mapping. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan tes dan respons siswa. Hasil yang didapatkan pada penelitian setelah dilakukan uji t, bahwa siswa yang menggunakan pembelajran berbasis proyek pada metode mind mapping memiliki perbedaan yang signifikan daripada kelas yang menggunakan pembelajaran membaca mandiri disertai penugasan pada aspek penguasaan konsep dan keterampilan pemecahan masalah, dan dihasilkan respons pada kategori baik pada pembelajaran yang telah dilakukan. Pembelajaran berbasis proyek menggunakan metode mind mapping terhadap pembelajaran mandiri disertai penugasan memiliki perbedaan yang signifikan pada penguasaan konsep dan keterampilan pemecahan masalah, dengan kelompok siswa yang belajar menggunakan pembelajaran berbasis proyek menggunakan metode mind mapping memiliki nilai yang lebih baik pada penguasaan konsep dan keterampilan pemecahan masalah, dan respons siswa pada pembelajaran berbasis proyek menggunakan metode mind mapping berkategori baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: daring; mind mapping; pemahaman konsep; pembelajaran berbasis proyek; pemecahan masalah.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 18 Aug 2022 02:38
Last Modified: 18 Aug 2022 02:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51351

Actions (login required)

View Item View Item