ANALISIS LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMAN 1 GEMUH PADA MATERI SUHU DAN KALOR


Siti Hartinah, 4201417009 (2021) ANALISIS LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMAN 1 GEMUH PADA MATERI SUHU DAN KALOR. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of ANALISIS LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMAN 1 GEMUH PADA MATERI SUHU DAN KALOR] PDF (ANALISIS LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMAN 1 GEMUH PADA MATERI SUHU DAN KALOR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kemampuan literasi sains peserta didik SMAN 1 Gemuh pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi dari metode kuantitatif dan metode kualitatif. Data yang diperoleh melalui tes merupakan data kuantitatif, sedangkan data yang diperoleh melalui wawancara merupakan data kualitatif. Sampel dari penelitian ini berjumlah 90 siswa yang terbagi 30 siswa kelas X, 30 siswa kelas XI dan 30 siswa kelas XII. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda dengan jumlah 20 butir soal yang berisi tentang aspek konteks,pengetahuan dan kompetensi. Hasil penelitian tentang analisis literasi sains peserta didik SMAN1 Gemuh dihitung dari hasil tes memiliki persentase sebagai berikut, untuk kelas X memperoleh 52 %, kelas XI memperoleh 51%, dan kelas XII memperoleh 50% dengan hasil literasi sains dari rata-rata keseluruhan adalah 51%. Oleh karena itu, literasi sains peserta didik SMAN 1 Gemuh pada materi suhu dan kalor berada dalam kategori rendah.Berdasarkan hasil wawancara, faktor-faktor yang mempengaruhi literasi sains peserta didik adalah sistem pembelajaran yang berlangsung, kurangnya keterampilan proses sains, kurangnya kegiatan literasi di sekolah serta kurangnya pengalaman siswa mengenai peristiwa sehari-hari yang berkaitan dengan sains.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: literasi sains, instrumen soal, suhu dan kalor.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 18 Aug 2022 02:14
Last Modified: 18 Aug 2022 02:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51350

Actions (login required)

View Item View Item