PENGEMBANGAN UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI (UKBM) BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK


Isni Fitria, 4201416052 (2021) PENGEMBANGAN UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI (UKBM) BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGEMBANGAN UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI (UKBM) BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK] PDF (PENGEMBANGAN UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI (UKBM) BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) yang dapat digunakan sebagai media bantu pembelajaran fisika pada materi Suhu, Kalor, dan Perpindahan Kalor. Data yang diambil dari penelitian ini berupa data validasi kelayakan, keterbacaan, kepraktisan, dan pengembangan kemampuan berpikir kritis. Data validasi kelayakan diperoleh dari dua validator yaitu dosen fisika Universitas Negeri Semarang dan guru fisika SMA Negeri 2 Kebumen. Data keterbacaan, kepraktisan, dan perkembangan kemampuan berpikir kritis diperoleh dari peserta didik kelas XII dan XI MIPA SMA N 2 Kebumen. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan atau sering disebut dengan Research and Development (R&D). Langkah-langkah dalam pengembangan produk ini melalui beberapa tahapan, yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) perbaikan produk, (6) uji coba produk skala kecil, (7) revisi produk, dan (8) uji coba produk skala besar. Uji coba pemakaian produk menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Uji coba dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kebumen dengan responden penelitian adalah peserta didik kelas XI tahun ajaran 2019/2020. Hasil dari penelitian menunjukkan karakteristik UKBM berbasis STEM sesuai dengan panduan pengembangan UKBM dan aspek-aspek dari pembelajaran berbasis STEM. Kegiatan inti dari UKBM berbasis STEM ini terdiri dari tiga kegiatan belajar, yakni kegiatan belajar 1, 2, dan 3. Cakupan materi dalam kegiatan belajar meliputi konsep suhu dan pemuaian, kalor dan perubahan wujud, dan perpindahan kalor. UKBM berbasis STEM ini dinyatakan sangat layak untuk digunakan dengan persentase sebesar 92%. Hasil analisis data keterbacaan sebesar 81% yang menunjukkan bahwa UKBM mudah dipahami. Hasil analisis kepraktisan sebesar 73% menunjukkan bahwa UKBM termasuk dalam kategori praktis. Berdasarkan hasil uji coba skala besar, penerapan UKBM dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan perolehan N-Gain sebesar 0,43 yang termasuk dalam ketegori sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM), STEM, kemampuan berpikir kritis
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 18 Aug 2022 01:59
Last Modified: 18 Aug 2022 01:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51348

Actions (login required)

View Item View Item