ISTILAH-ISTILAH DALAM UPACARA KEMATIAN MASYARAKAT DESA SUKODONO KABUPATEN JEPARA (KAJIAN ETNOLINGUISTIK)


Nayirotun Ayun Nisa, 2601416022 (2021) ISTILAH-ISTILAH DALAM UPACARA KEMATIAN MASYARAKAT DESA SUKODONO KABUPATEN JEPARA (KAJIAN ETNOLINGUISTIK). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ISTILAH-ISTILAH DALAM UPACARA KEMATIAN MASYARAKAT DESA SUKODONO KABUPATEN JEPARA (KAJIAN ETNOLINGUISTIK)] PDF (ISTILAH-ISTILAH DALAM UPACARA KEMATIAN MASYARAKAT DESA SUKODONO KABUPATEN JEPARA (KAJIAN ETNOLINGUISTIK)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu adat di Desa Sukodono Kabupaten Jepara yaitu Upacara Kematian. Dalam proses upacara kematian muncul istilah-istilah yang digunakan. Istilah-istilah tersebut banyak yang belum diketahui oleh masyarakat Desa Sukodono maupun masyarakat luas. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk, makna kultural istilah-istilah dalam upacara kematian masyarakat Desa Sukodono, serta mendeskripsikan pandangan masyarakat Sukodono terhadap konsep kematian yang tercermin pada istilah-istilah dalam upacara kematian masyarakat Desa Sukodono Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan pendekatan etnolinguistik. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan berbagai teknik observasi, teknik wawancara, teknik simak, teknik rekam, teknik catat, dan dokumentasi. Metode dalam analisis data penelitian ini menggunakan metode analisis data distribusional dan metode padan. Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan istilah-istilah yang terdapat dalam upacara kematian masyarakat Desa Sukodono Kabupaten Jepara ditemukan 63 data istilah. Istilah-istilah tersebut dianalisis dan dikelompokkan berdasarkan unsur kebahasaan dan non kebahasaan. Unsur kebahasaan pada istilah-istilah dalam upacara kematian berupa kata, frasa, dan klausa. Unsur non kebahasaan pada istilah-istilah dalam upacara kematian terdiri dari kategori prosesi, peralatan, bahan-bahan, dan makanan. Adapun istilah yang dikelompokkan berdasarkan istilah ke khasan dan istilah umum yang memiliki makna khusus. Berdasarkan maknanya, istilah-istilah dalam upacara kematian masyarakat Desa Sukodono memiliki makna kultural. Pandangan masyarakat Sukodono terhadap konsep kematian yang tercermin pada istilah-istilah dalam upacara kematian masyarakat Desa Sukodono Kabupaten Jepara yaitu pandangan masyarakat dalam wujud penghormatan kepada leluhur, wujud identitas keagamaan spiritual, dan wujud kesetiaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan mengenai istilah-istilah dalam upacara kematian masyarakat Desa Sukodono Kabupaten Jepara. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi sarana pengenalan lebih luas tentang upacara kematian, dan untuk melestarikan kebudayaan tersebut agar tidak hilang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: upacara kematian, bentuk istilah, makna kultural, pandangan masyarakat
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Jawa (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 16 Aug 2022 07:25
Last Modified: 16 Aug 2022 07:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51343

Actions (login required)

View Item View Item