METODE PELATIHAN EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA DAN APLIKASINYA TERHADAP NILAI PENDIDIKAN KARAKTER


Furkhon Setiyadi, 2501417024 (2021) METODE PELATIHAN EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA DAN APLIKASINYA TERHADAP NILAI PENDIDIKAN KARAKTER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of METODE PELATIHAN EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA DAN APLIKASINYA TERHADAP NILAI PENDIDIKAN KARAKTER] PDF (METODE PELATIHAN EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA DAN APLIKASINYA TERHADAP NILAI PENDIDIKAN KARAKTER) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Metode pelatihan yang digunakan dalam pelatihan paduan suara di SMP N 1 Pangkah adalah ear traning dan drill. Dalam penelitian ini juga akan dijabarkan bagaimana aplikasi latihan paduan suara terhadap penanaman nilai karaktter. Tujuan yang hendak dicapai penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimanakah metode pelatihan dalam pelatihan paduan suara di SMP N 1 Pangkah; dan (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimanakah aplikasinya terhadap peananaman nilai pendidikan karakter. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Lokasi Penelitian di SMP N 1 Pangkah di Desa Pangkah, Pangkah, Teggal. Teknik pengumpulan data antara lain: teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik keabsahan data. Analisis data dalam penelitian ini deskriptif kualitatif, yaitu analisis dalam bentuk pernyataan dan analisis yang diungkapkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Metode pelatihan yang digunakan dalam pelatihan ekstrakurikuler paduan suara di SMP N 1 Pangkah menggunakan metode ear traning dan drill; (2) Pendidikan nillai karakter yang dapat diaplikasikan dalam pelatihan paduan suara di SMP N 1 Pangkah adalah (1)kerjasama, (2) rasa tenggang rasa terhadap sesama, (3) sikap tidak egois. Berdasarkan kesimpulan tersebut, saran yang diberikan peneliti untuk meningkatkan mutu pelatihan adalah: (1) Dalam metode pelatihan ekstrakurikuler paduan suara di SMP N 1 Pangkah, hendaknya guru pembina menambah wawasan dan materi tentang paduan suara dan materi lagu lagu yang bisa dianjarkan kepada para siswa. (2). Mengadakan rapat evaluasi di setiap satu bulan sekali bersama para peserta didik, supaya perkembangan dan langkah-langkah yang menyangkut kemajuan peseta ekstrakurikuler paduan suara dapat dilakukan dengan cepat dan tepat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode; Pelatihan; Ekstrakurikuler; Paduan Suara; Pendidikan Karakter.
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:36
Last Modified: 16 Aug 2022 04:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51340

Actions (login required)

View Item View Item