PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI MUSIK MELALUI DARING DI SMP NEGERI 1 PURWODADI


Anina Duke Firstaloka, 2501416053 (2021) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI MUSIK MELALUI DARING DI SMP NEGERI 1 PURWODADI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI MUSIK MELALUI DARING DI SMP NEGERI 1 PURWODADI] PDF (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI MUSIK MELALUI DARING DI SMP NEGERI 1 PURWODADI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sejak adanya pandemi Covid-19, Indonesia harus membatasi aktivitas yang melibatkan banyak orang guna memutus penyebaran virus Covid-19. Sektor pendidikan salah satu yang terkena imbasnya. Kegiatan belajar mengajar di kelas terpaksa dialihkan ke sistem belajar daring (dalam jaringan). Pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19 memaksa guru dan siswa untuk belajar memanfaatkan teknologi sebagai sarana penunjang pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran seni musik melalui daring di SMP N 1 Purwodadi. Dengan demikian, fokus penelitian ini ialah untuk mengetahui (1) Metode pelaksanaan pembelajaran seni musik melalui daring di SMP Negeri 1 Purwodadi; (2) Strategi pelaksanaan pembelajaran seni musik melalui daring di SMP Negeri 1 Purwodadi Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan Triangulasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajia data yang kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran seni musik melalui daring di SMP N 1 Purwodadi diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Pembelajaran seni musik di SMP N 1 Purwodadi dilaksanakan secara daring, dengan memanfaatkan media seperti whatsapp, google classroom, dan zoom; (2) Metode yang digunakan dalam pembelajaran daring yakni metode ceramah, metode drill, metode eksplore, metode eksperimen dan metode diskusi; (3) Strategi yang digunakan oleh pendidik dalam pembelajaran daring yakni strategi inkuiri learning, strategi problem based learning, dan stratgei project based learning. Hasil pembelajaran dapat dikatakan baik karena menggunakan metode dan strategi pembelajaran tersebut dibuktikan dengan mayoritas peserta didik memahami materi seperti pengetahuan tentang teknik vokal secara daring Peserta didik diharapkan terus belajar dengan giat di rumah agar tidak mengandalkan pembelajaran di sekolah. Pendidik hendaknya lebih meningkatkan metode dan strategi pada proses pembelajaran supaya peserta didik tidak mudah jenuh, apalagi sekarang pembelajaran dilakukan secara daring. Baiknya pendidik juga menyiapkan powerpoint saat kegiatan pembelajaran daring melalui zoom.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Proses Pembelajaran, Vokal
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:23
Last Modified: 16 Aug 2022 04:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51338

Actions (login required)

View Item View Item