PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN APLIKASINYA PADA DESTINATION BRANDING KAMPUNG BATIK SEMARANG


Ari Widyalintang, 2411417046 (2021) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN APLIKASINYA PADA DESTINATION BRANDING KAMPUNG BATIK SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN APLIKASINYA PADA DESTINATION BRANDING KAMPUNG BATIK SEMARANG] PDF (PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN APLIKASINYA PADA DESTINATION BRANDING KAMPUNG BATIK SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Identitas visual merupakan sarana penting untuk mengidentifikasi karakter dan hubungan emosional sebuah perusahaan dengan konsumennya serta berfungsi sebagai pembeda dengan perusahaan yang lain. Bagi destinasi wisata, identitas visual menjadi bagian penting dalam pengembangan destination branding yang bertujuan untuk meningkatkan dan memperkuat citra destinasi wisata di mata konsumen/ wisatawan. Kampung Batik Semarang merupakan salah satu destinasi wisata sentra batik Semarangan di Kota Semarang. Kampung Batik Semarang yang sudah mulai digalakan kembali sejak tahun 2006 ini belum memiliki identitas visual. Masih banyak wisatawan yaang belum mengenal Kampung Batik Semarang sebagai salah satu destinasi wisata di Kota Semarang. Hal ini sangat disayangkan karena Kampung Batik Semarang merupakan sentra pelestarian batik Semarangan yang memiliki potensi wisata besar. Tujuan dari proyek studi ini adalah menghasilkan Identitas visual berupa logo dan slogan Kampung Batik Semarang serta aplikasinya pada destination branding yang diharapkan mampu meningkatkan awareness dan kunjungan wisata. Identitas visual diaplikasikan dalam tiga kategori yaitu media promosi, promotional product, dan wayfinding sign. Media promosi terdiri atas media promosi through the line (banner Instagram dan banner Facebook) dan media promosi below the line (leaflet). Promotional product terdiri atas botol minum, tote bag, paper bag, gantungan kunci, stiker, dan magnet kulkas. Wayfinding sign terdiri atas informational sign (denah), identification sign, dan directional sign. Perancangan tersebut dilakukan melalui beberapa tahap yaitu tahap preliminary, pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Melalui perancangan identitas visual dan aplikasinya melalui proyek studi ini diharapkan dapat semakin meningkatkan awareness masyarakat terhadap Kampung Batik Semarang serta meningkatkan citra dan kunjungan wisata Kampung Batik Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Identitas, Visual, Destination, Branding
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 16 Aug 2022 03:55
Last Modified: 16 Aug 2022 03:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51334

Actions (login required)

View Item View Item