PROYEK STUDI REINTERPRETASI ANTOLOGI PUISI MAIR DALAM KARYA VISUAL IMAJINATIF


Akhmad Irfan, 2411415002 (2021) PROYEK STUDI REINTERPRETASI ANTOLOGI PUISI MAIR DALAM KARYA VISUAL IMAJINATIF. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PROYEK STUDI REINTERPRETASI ANTOLOGI PUISI MAIR DALAM KARYA VISUAL IMAJINATIF] PDF (PROYEK STUDI REINTERPRETASI ANTOLOGI PUISI MAIR DALAM KARYA VISUAL IMAJINATIF) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang pemilihan tema proyek studi ini adalah menciptakan karya visual imajinatif alih wahana dari antologi puisi Mair karya Aravinda Kusuma Arrafah. Tujuan proyek studi ini adalah alih wahana puisi menjadi karya visual imajinatif. Dengan karya tersebut diharapkan mampu memberikan dorongan imaji pembaca dalam menginterpretasikan puisi menjadi satu kesatuan makna. Tahapan dalam pembuatan proyek studi ini dimulai dari pengumpulan data seperti wawancara dan studi pustaka. Pada proses pembuatan karya dilakukan dengan teknik manual dan digital, meliputi pemilihan bahan, alat, teknik berkarya, dan penciptaan karya. Media yang digunakan berupa bahan (papan kayu), alat (pensil, arang, kuas), dan teknik (arsiran drawing dan blocking). Proses penciptaan karya meliputi analisis puisi, interpretasi puisi, dan kemudian divisualisasikan (analisis, interpretasi, sketsa/rough sketch, digitalisasi, gambar pada papan kayu, sentuhan akhir dan penyajian karya). Proyek studi ini menghasilkan lima belas karyavisual imajinatif dengan ukuran bervariasi, yang dibuat pada tahun 2020. Pendekatan penciptaan karya visual imajinatif pada proyek studi ini adalah pendekatan ekspresif dengan pembacaan tanda berdasarkan kode simbolik. Dengan proyek studi ini diharapkan mampu memberi sumbangsih yang berarti bagi akademis Universitas Negeri Semarang dalam bidang seni khususnya bagi mahasiswa seni rupa, baik seni rupa murni, pendidikan, maupun DKV.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Reinterpretasi, Antologi Puisi, Mair, Imajinatif
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 16 Aug 2022 03:36
Last Modified: 16 Aug 2022 03:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51331

Actions (login required)

View Item View Item