NILAI KARAKTER YANG TERDAPAT PADAMODELPEMBELAJARAN BERBASIS PROYEKDALAMMATAPELAJARAN BAHASA JEPANGKELASXI SMA NEGERI 10 SEMARANG


Itsnaini Nabila, 2302416045 (2021) NILAI KARAKTER YANG TERDAPAT PADAMODELPEMBELAJARAN BERBASIS PROYEKDALAMMATAPELAJARAN BAHASA JEPANGKELASXI SMA NEGERI 10 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of NILAI KARAKTER YANG TERDAPAT PADAMODELPEMBELAJARAN BERBASIS PROYEKDALAMMATAPELAJARAN BAHASA JEPANGKELASXI SMA NEGERI 10 SEMARANG] PDF (NILAI KARAKTER YANG TERDAPAT PADAMODELPEMBELAJARAN BERBASIS PROYEKDALAMMATAPELAJARAN BAHASA JEPANGKELASXI SMA NEGERI 10 SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Terdapat berbagai macam model pembelajaran untuk mendukung proses pembelajaran. Salah satunya adalah model pembelajaran berbasis proyek. Dalammodel pembelajaranberbasis proyek dapat diimplementasikan berbagai macam nilai karakter. Sesuai denganpendidikan karakter yang terdapat di kurikulum 2013. Sama halnya dengan SMANegeri 10 Semarang yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek sebagai model pembelajaran dalam mata pembelajaran bahasa Jepang kelas XI. Maka dari itu, tujuandari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk nilai karakter yang terdapat pada model pembelajaran berbasis proyek dalam mata pelajaran bahasa Jepang kelas XI SMANegeri 10 Semarang dan untuk mengetahui keaktifan siswa setelah melakukan pembelajaranberbasis proyek mata pelajaran bahasa Jepang. Pendekatan penelitian yang digunakan ini menggunakan metode pendekatan kualitatifdengan menggunakan metode analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakanteknik simak catat dan wawancara terstruktur. Sumber data yang digunakan dalampenelitianini berupa video siswa kelas XI MIPA 1 yang sedang melakukan tugas pembelajaranberbasisproyek mata pelajaran bahasa Jepang bab 13 materi Padang ni sundeimasu dan wawancaraterstruktur yang dilakukan dengan guru pengampu mata pelajaran bahasa Jepang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat tujuh nilai karakter di dalamproyekpembelajaran bahasa Jepang yang dilakukan oleh siswa, yaitu nilai karakter jujur, nilai karakter sopan santun, nilai karakter religius, nilai karakter budaya, nilai karakter tanggungjawab, nilai karakter cerdas, dan nilai karakter cinta tanah air. Serta hasil wawancarayangtelah dilakukan menunjukkan bahwa keaktifan siswa meningkat setelah melakukanproyekpembelajaran bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai Karakter, Pembelajaran Berbasis Proyek, Bahasa Jepang
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 16 Aug 2022 02:16
Last Modified: 16 Aug 2022 02:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51322

Actions (login required)

View Item View Item