ANALISIS BUKU TEKS PELAJARAN IPS KELAS VII KURIKULUM 2013 DI SMP SEKECAMATAN NGARGOYOSO KABUPATEN KARANGANYAR JAWA TENGAH


Resa Agustina, 3601417030 (2021) ANALISIS BUKU TEKS PELAJARAN IPS KELAS VII KURIKULUM 2013 DI SMP SEKECAMATAN NGARGOYOSO KABUPATEN KARANGANYAR JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of ANALISIS BUKU TEKS PELAJARAN IPS KELAS VII KURIKULUM 2013 DI SMP SEKECAMATAN NGARGOYOSO KABUPATEN KARANGANYAR JAWA TENGAH] PDF (ANALISIS BUKU TEKS PELAJARAN IPS KELAS VII KURIKULUM 2013 DI SMP SEKECAMATAN NGARGOYOSO KABUPATEN KARANGANYAR JAWA TENGAH) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Buku teks adalah buku acuan yang wajib digunakan pada satuan pendidikan dasar dan menengah. Buku teks pelajaran IPS yang digunakan di SMP umumnya sama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan materi dan alat evaluasi yang dikembangkan pada buku teks pelajaran IPS yang digunakan di SMP Sekecamatan Ngargoyoso serta tanggapan guru terhadap buku teks yang mereka gunakan. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif dengan objek penelitian buku teks pelajaran IPS yang digunakan di SMP Negeri 1 Ngargoyoso dan SMP Negeri 2 Ngargoyoso. Sumber data primer adalah buku teks pelajaran IPS kelas VII kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud dan terbitan Erlangga serta sumber informan, yaitu guru IPS kelas VII di SMP Negeri 1 Ngargoyoso dan SMP Negeri 2 Ngargoyoso. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan studi dokumenasi. Analisis data menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku yang digunakan di SMP Negeri 1 Ngargoyoso dan SMP Negeri 2 Ngargoyoso masih menggunakan buku revisi tahun 2016 dari pengembangan materi masih relevan dengan KI dan KD revisi tahun 2018. Alat evaluasi yang dikembangkan yaitu pada ranah kognitif dan ranah psikomotorik. Soal-soal yang disajikan sudah sesuai dengan materi yangdisajikan tetapi untuk level kognitif soal masih dominan pada level medium. Serta tanggapan guru terhadap buku teks yang mereka gunakan menunjukkan bahwa buku yang mereka gunakan mampu membantu peserta didik dalam proses pembelajaran IPS dari segi materi, tingkat kesulitan soal, dan materi yang disajikan masih relevan dengan lingkungan peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Materi, Evaluasi yang dikembangkan, Tanggapan Guru.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 16 Aug 2022 02:08
Last Modified: 16 Aug 2022 02:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51321

Actions (login required)

View Item View Item