IMPLEMENTASI E-VOTING DALAM PEMILIHAN KETUA OSIS DI SMP NEGERI 19 SEMARANG


SETYA ADI WICAKSANA, 3301414050 (2021) IMPLEMENTASI E-VOTING DALAM PEMILIHAN KETUA OSIS DI SMP NEGERI 19 SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of IMPLEMENTASI E-VOTING DALAM PEMILIHAN KETUA OSIS DI SMP NEGERI 19 SEMARANG] PDF (IMPLEMENTASI E-VOTING DALAM PEMILIHAN KETUA OSIS DI SMP NEGERI 19 SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pemanfaatan alat elektronika sebagai alat penunjang menjadi sangat penting mengingat efektivitas dan efisiensi yang dapat dicapai khususnya untuk pengelolaan sekolah. Seiring dengan perkembangan zaman pemilos yang pemungutan suaranya dilakukan secara manual kini mulai beralih menggunakan alternatif lain yaitu pemungutan suara dengan cara baru yang lebih modern yang disebut dengan e-voting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses sistem E-Voting serta mengidentifikasi kendala dalam pemilihan ketua OSIS di SMP Negeri 19 Semarang. Objek penelitian meliputi guru, panitia dan siswa SMP N 19 Semarang. Metode pengumpulan data berupa: metode wawancara, metode dokumentasi dan studi literatur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan tiga jenis analisis yaitu, reduksi data, penyajian data, dan conclusion drawing. hasil penelitian didapatkan hasil siswa lebih antusias saat menggunakan sistem e-voting. Diadakannya kegiatan pemilihan ketua OSIS dengan e voting yang merupakan sistem pemilihan yang baru siswa merasa lebih antusias dan memiliki kesadaran memilih yang semakin maju dari tahun sebelumnya. Karena pada tahapan ini siswa lebih memberikan efek positif karena cara yang berbeda dari sebelumnya dan siswa lebih memiliki rasa tanggung jawab untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Kesadaran tersebut dapat dilihat dari sedikitnya tingkat golput yang dilakukan pada saat pemilihan terjadi dan kurangnya berbuat curang saat kegiatan tersebut berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Sistem e-voting yang diterapkan dalam pemilihan ketua OSIS di SMP Negeri 19 Semarang sangat membantu dan efektif dalam pemilihan ketua OSIS di lingkungan sekolah. Saran, Sekolah dapat menyempurnakan kegiatan pemilihan ketua OSIS dengan sistem E-Voting untuk pemilihan selanjutnya dengan persiapan yang lebih baik terutama dalam aplikasi dan sarana pelaksanaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi E-Voting, Pemilihan Ketua Osis
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:26
Last Modified: 15 Aug 2022 07:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51315

Actions (login required)

View Item View Item