KESIAPAN GURU DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA GURU GEOGRAFI SMA DI KABUPATEN JEPARA PADA TAHUN 2021


Ihza Ahsanul A’mal, 3201417063 (2021) KESIAPAN GURU DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA GURU GEOGRAFI SMA DI KABUPATEN JEPARA PADA TAHUN 2021. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of KESIAPAN GURU DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA GURU GEOGRAFI SMA DI KABUPATEN JEPARA PADA TAHUN 2021] PDF (KESIAPAN GURU DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA GURU GEOGRAFI SMA DI KABUPATEN JEPARA PADA TAHUN 2021) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena terjadi pandemi Covid-19 sehingga pemberlakuan pembelajaran di sekolah diberlakukkan menjadi pembelajaran daring, hal ini memunculkan permasalahan berupa kesiapan guru geografi dalam mengajar dan kendala-kendala yang dihadapi dalam mengajar. Kemudian tujuan dilakukannya penelitian adalah (1) untuk mengetahui kesiapan guru geografi dalam pelaksanaan proses pembelajaran sistem daring yang dilakukan oleh guru geografi tingkat SMA di Jepara. (2) Mengetahui berbagai kendala dalam pelaksanaan pembelajaran daring yang digunakan oleh guru geografi tingkat SMA di Jepara. (3) Merumuskan solusi permasalahan guru geografi tingkat SMA di Jepara dalam melaksanakan proses belajar mengajar secara daring. Penelitian dilakukan di Kabupaten Jepara pada sekolah tingkat SMA yang melaksanakan pembelajaran geografi secara daring. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dilakukan dengan studi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dalam usaha memeriksa keakuratan data pada penelitian ini, penulis menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif interaktif. Setelah dilakukan penelitian oleh penulis, hasil penelitian yang didapat yaitu menunjukkan bahwa walaupun banyak guru geografi belum mengikuti pelatihan pembelajaran daring, kesiapan guru geografi di Jepara telah berada pada posisi yang cukup siap. Akan tetapi masih perlu dilakukan peningkatan yang lebih matang. Berdasarkan data, diketahui bahwa semua guru dapat dibilang mampu menguasai teknologi mulai dari penggunaan smartphone hingga penggunaan laptop. Akan tetapi untuk mengaplikasikan dalam pembelajaran daring tidak semua guru memiliki keterampilan yang memadai. Selain penguasaan keterampilan pembelajaran daring yang kurang merata, koneksi internet yang tidak stabil juga salah satu faktor yang terkadang menjadi penghambat proses pelaksanaan pembelajaran daring. Kemudian dalam rangka pengoptimalan implementasi pembelajaran daring di Jepara, saran yang tepat dalam mengatasai permasalahan ini yaitu (1) Sekolah dapat memberikan pelatihan dan pemahaman khusus kepada guru geografi di Jepara, sehingga jika semua guru diberi pelatihan maka penerapan pembelajaran daring akan dapat berjalan menjadi lebih baik. (2) Dalam proses pelaksanaan pembelajaran, guru harus lebih menyiapkan koneksi internet yang stabil sehingga tidak ada permasalahan koneksi yang menghambat proses pembelajaran daring geografi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan, Implementasi, Pembelajaran Daring.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:18
Last Modified: 15 Aug 2022 03:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51308

Actions (login required)

View Item View Item