IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM JARINGAN DENGAN GOOGLE CLASSROOM DI SMA NEGERI 1 SRAGEN TAHUN AJARAN 2020/2021


Restu Nindya Pawestri, 3101417036 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM JARINGAN DENGAN GOOGLE CLASSROOM DI SMA NEGERI 1 SRAGEN TAHUN AJARAN 2020/2021. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM JARINGAN DENGAN GOOGLE CLASSROOM DI SMA NEGERI 1 SRAGEN TAHUN AJARAN 2020/2021] PDF (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM JARINGAN DENGAN GOOGLE CLASSROOM DI SMA NEGERI 1 SRAGEN TAHUN AJARAN 2020/2021) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sejarah merupakan ilmu yang mempelajari peristiwa penting di masa lalu yang menyangkut kehidupan manusia. Dengan mempelajari sejarah diharapkan peserta didik dapat mengenali jati diri bangsanya sehingga sejarah berperan besar dalam penanaman karakter sehingga guru perlu menemukan metode serta media yang tepat agar tujuan tersebut tercapai meski terjadi perubahan sistem pembelajaran ke mode dalam jaringan. Google Classroom menjadi aplikasi yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran sejarah. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi pembelajaran sejarah dalam jaringan dengan Google Classroom di SMA Negeri 1 Sragen Tahun Ajaran 2020/2021?, 2) Apa saja kendala yang dialami guru dan peserta didik dalam pembelajaran sejarah dalam jaringan dengan Google Classroom di SMA Negeri 1 Sragen Tahun Ajaran 2020/2021?, 3) Bagaimana potensi pembelajaran sejarah dalam jaringan di SMA Negeri 1 Sragen Tahun Ajaran 2020/2021?. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi pembelajaran sejarah dalam jaringan dengan Google Classroom di SMA Negeri 1 Sragen, mengetahui kendala yang dialami dalam pembelajaran sejarah dalam jaringan di SMA Negeri 1 Sragen, dan mengetahui potensi pembelajaran sejarah dalam jaringan dengan Google Classroom di SMA Negeri 1 Sragen Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan objek penelitian SMA Negeri 1 Sragen. Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan studi dokumen. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya direduksi sampai dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian, 1) Dalam implementasi pembelajaran sejarah dengan Google Classroom guru dan peserta didik memiliki kesiapan dalam pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran sejarah dalam jaringan dengan Google Classroom sesuai dengan rancangan yang dibuat oleh guru mulai dari tahap awal pembelajaran sampai evaluasi. 2) Pelaksanaan masih mengalami kendala seperti waktu, menciptakan pembelajaran yang interaktif, ketidak stabilan jaringan, kerusakan gawai, kesulitan memahami materi dan lingkungan yang kurang mendukung pembelajaran. 3) Pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Sragen memiliki potensi sumber daya dan fasilitas yang baik. Secara keseluruhan implementasi pembelajaran sejarah dengan Google Classroom berjalan dengan baik. Saran penulis adalah guru harus memperbaiki strategi pembelajaran dalam jaringan agar motivasi belajar peserta didik meningkat. Pemeliharaan sarana prasarana serta fasilitas penunjang pembelajaran seperti buku pelajaran dan e-learning perlu ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sejarah, Pembelajaran Dalam Jaringan, Google Classroom.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 15 Aug 2022 01:42
Last Modified: 15 Aug 2022 01:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51298

Actions (login required)

View Item View Item