ANALISIS IKONOGRAFIS MOTIF BATIK GRIBIGAN TEGAL: STUDI PADA KELOMPOK USAHA BERSAMA SIDOMULYO PASANGAN TALANG TEGAL


Hasbi Alamul Iman, 2401417006 (2021) ANALISIS IKONOGRAFIS MOTIF BATIK GRIBIGAN TEGAL: STUDI PADA KELOMPOK USAHA BERSAMA SIDOMULYO PASANGAN TALANG TEGAL. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of ANALISIS IKONOGRAFIS MOTIF BATIK GRIBIGAN TEGAL: STUDI PADA KELOMPOK USAHA BERSAMA SIDOMULYO PASANGAN TALANG TEGAL] PDF (ANALISIS IKONOGRAFIS MOTIF BATIK GRIBIGAN TEGAL: STUDI PADA KELOMPOK USAHA BERSAMA SIDOMULYO PASANGAN TALANG TEGAL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Gribigan sebagai motif batik ciri khas Kabupaten Tegal, keberadaannya tidak hanya dipandang dari segi estetis semata, melainkan sebagai karya seni yang memiliki hubungan dengan konteks kehidupan masyarakat yang dipengaruhi oleh kondisi lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan memperoleh penjelasan dan pemahaman yang mendalam terkait unsur visual, tema dan konsep, serta makna simbolik batik gribigan melalui pendekatan ikonografis. Penelitian ini meggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan pendekatan ikonografis Erwin Panofsky (deskripsi pra-ikonografi, analisis ikonografi, dan interpretasi ikonologi). Hasil penelitian; (1) deskripsi pra-ikonografi, motif batik gribigan terdapat ciri khas utama yaitu terletak pada isian latar dengan isen-isen gribigan yang merepresentasikan bentuk gribig (dinding yang berasal dari anyaman bambu) serta peran motif utama yang dituangkan pada pengisi latar gribigan dikenal sebagai kombinasi. Bentuk motif yang diciptakan berupa flora dan fauna lingkungan sekitar antara lain, daun lancur, daun ambring, buketan (rangkaian bunga dan daun), tanaman kangkung dan bunga kipas / jengger ayam serta bentuk fauna berupa burung merak. 2) Ikonografi, motif batik gribigan mengangkat tema dan konsep dari sebuah kesederhanaan dalam kehidupan masyarakat yang tergambar dari benda pakai untuk kepentingan sehari-hari dan ragam kekayaan alam sekitar. Ciri-ciri tersebut identik dari objek yang dituangkan pada motif gribigan yaitu berupa gribig (dinding dari anyaman bambu), sebuah benda yang sangat bermanfaat sebagai dinding rumah untuk keberlangsungan masyarakat menjalani kehidupan dalam keluarga dan kombinasi motif dari pemanfaatan objek flora dan fauna sebagai ciptaan Tuhan yang senantiasa memberi manfaat dan nilai pada kehidupan manusia. 3) Interpretasi ikonologi, mengungkap makna simbolik dari motif batik gribigan yaitu melambangkan penggambaran realitas kondisi kehidupan sederhana yang indah, penuh dengan harapan, do’a serta rasa syukur yang ikhlas dan menghargai alam serta lingkungan sekitar agar tercipta hidup nyaman, bahagia dan bermakna / bermanfaat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ikonografi, motif, batik gribigan.
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 11 Aug 2022 07:33
Last Modified: 11 Aug 2022 07:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51281

Actions (login required)

View Item View Item