REGISTER KECANTIKAN PADA FORUM KECANTIKAN GET BEAUTY DI GRUP FACEBOOK


Rizqy Nur Afifah, 2111417009 (2021) REGISTER KECANTIKAN PADA FORUM KECANTIKAN GET BEAUTY DI GRUP FACEBOOK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of REGISTER KECANTIKAN PADA FORUM KECANTIKAN GET BEAUTY DI GRUP FACEBOOK] PDF (REGISTER KECANTIKAN PADA FORUM KECANTIKAN GET BEAUTY DI GRUP FACEBOOK) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Register merupakan salah satu wujud dari variasi bahasa yang berupa penggunaan istilah khas dan hanya diketahui oleh sekelompok sosial tertentu saja. Penggunaan register bahasa dapat ditemui pada media sosial Facebook. Forum kecantikan Get Beauty menjadi salah satu dari banyaknya grup diskusi yang ada di Facebook. Saat melakukan diskusi, anggota forum kerap menggunakan istilah khusus yang biasanya hanya dipahami oleh orang-orang yang punya minat sama dalam bidang kecantikan. Istilah khusus ini menarik untuk diteliti untuk mengetahui lebih dalam dari segi kebahasaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) menjelaskan bentuk register kecantikan pada forum kecantikan Get Beauty di grup Facebook, 2) mengidentifikasikan fungsi register register kecantikan pada forum kecantikan Get Beauty di grup Facebook. Penelitian ini menggunakan pendekatan teoritis sosiolinguistik dan pendekatan metodologis deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah penggalan wacana pada unggahan forum kecantikan Get Beauty di grup Facebook. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak dengan teknik simak bebas libat cakap (SBLC) dan teknik catat. Analisis data menggunakan metode agih dan metode padan. Metode agih dengan teknik dasar Bagi Unsur Langsung (BUL) dan teknik lanjutan teknik sisip dan teknik perluas. Metode padan yang digunakan adalah metode padan referensial dengan teknik dasar Pilah Unsur Penentu (PUP). Dalam kajian ini didapati data sejumlah 89 register berbentuk satuan lingual dari 54 teks unggahan anggota forum kecantikan Get Beauty di grup Facebook. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, yaitu bentuk register kecantikan pada forum kecantikan Get Beauty di grup Facebook meliputi satuan lingual dan asal bahasa. Berdasarkan satuan lingual, bentuk register kecantikan pada forum kecantikan Get Beauty di grup Facebook meliputi: (1) kata berupa: (a) kata dasar sebanyak 41 register dan (b) kata kompleks yang terdiri dari 15 register berbentuk sufiks dan 22 register berbentuk abreviasi, serta (2) frasa yang terdiri dari 5 register berkategori nomina dan 6 register berkategori idiom. Berdasarkan asal bahasa, register kecantikan pada forum kecantikan Get Beauty di grup Facebook yang berasal dari bahasa Indonesia ditemukan sebanyak 14 register dan yang berasal dari bahasa Inggris ditemukan sebanyak 75 register. Fungsi register yang ditemukan pada forum kecantikan Get Beauty di grup Facebook, yakni fungsi instrumental sebanyak 6 register, fungsi heuristik sebanyak 32 register, dan fungsi informasi sebanyak 51 register. Bentuk register kecantikan pada forum kecantikan Get Beauty di grup Facebook dibagi menjadi dua kategori yaitu berdasarkan satuan lingual dan asal bahasa. Fungsi register yang ditemukan pada forum kecantikan Get Beauty di grup Facebook terdapat tiga fungsi, yakni fungsi instrumental, fungsi heuristik, dan fungsi informasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: register, kecantikan, Get Beauty, Facebook.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 11 Aug 2022 07:01
Last Modified: 11 Aug 2022 07:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51278

Actions (login required)

View Item View Item