ILUSTRASI NOVEL PADANG ILALANG DI BELAKANG RUMAH KARYA NH. DINI


Galih Waskitho Aji, 2401415038 (2021) ILUSTRASI NOVEL PADANG ILALANG DI BELAKANG RUMAH KARYA NH. DINI. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of ILUSTRASI NOVEL PADANG ILALANG DI BELAKANG RUMAH KARYA NH. DINI] PDF (ILUSTRASI NOVEL PADANG ILALANG DI BELAKANG RUMAH KARYA NH. DINI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kurangnya ketersediaan bahan bacaan yang menarik di Indonesia penulis berpikir tentang perlunya pembuatan alternatif bahan bacaan menarik yang mampu menarik minat membaca dengan menghasilkan Ilustrasi novel grafis “Padang Ilalang di Belakang Rumah”. Melalui Ilustrasi diharapkan mampu menambah bahan bacaan yang menarik baik novel grafis ini maupun literatur yang lainnya. Tujuan dari proyek studi ini adalah menghasilkan prototype novel grafis “Padang Ilalang di Belakang Rumah”. Metode yang digunakan penulis dalam berkarya meliputi pemilihan media, teknik berkarya, dan proses berkarya. Media yang digunakan berupa bahan (kertas Ivory dan kertas HVS), alat (Notebook, Pen Tablet, Adobe Potoshop CS6 dan Printer) dan teknik olah digital. Prosedur berkarya dalam proyek studi ini terbagi menjadi 5 tahap yaitu pengamatan, pengumpulan data, reduksi data dan proses berkarya dan penyajian karya. Proyek studi ini menhasilkan total 40 gambar Ilustrasi Dekoratif yang terbagi ke dalam satu bab pengantar dan sembilan bab isi cerita dalam Novel. Karya asli Ilustrasi dibuat dengan dimensi 14 cm x 19 cm yang diaplikasikan ke dalam halaman novel dan menyatu dengan teks cerita. Penulis berharap ilustrasi novel ini bisa memberi manfaat serta mampu menjadi sumber inspirasi dalam pembuatan karya lain yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ilustrasi. Novel Padang Ilalang di Belakang Rumah
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 11 Aug 2022 06:31
Last Modified: 11 Aug 2022 06:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51272

Actions (login required)

View Item View Item