STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS PROSEDUR PADA WEBSITE WIKIHOW SEBAGAI MATERI AJAR SISWA KELAS XI SMA


Kurnia Eva Wulandari, 2101417074 (2021) STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS PROSEDUR PADA WEBSITE WIKIHOW SEBAGAI MATERI AJAR SISWA KELAS XI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS PROSEDUR PADA WEBSITE WIKIHOW SEBAGAI MATERI AJAR SISWA KELAS XI SMA] PDF (STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS PROSEDUR PADA WEBSITE WIKIHOW SEBAGAI MATERI AJAR SISWA KELAS XI SMA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Dunia pendidikan di Indonesia saat ini sedang mengalami tantangan karena dampak dari pandemi Covid-19. Dampak yang paling dirasakan adalah proses pembelajaran berubah menjadi sistem daring, terutama pada pembelajaran teks prosedur. Kenyataan yang terjadi di lapangan menunjukan bahwa materi ajar yang digunakan pendidik untuk menyampaikan materi di dalam proses pembelajaran masih sangat minim buku referensi yang digunakan merupakan buku lama sehingga tidak ada kebaruan. Oleh karena itu, website WikiHow dapat dijadikan pilihan sebagai materi ajar teks prosedur siswa kelas XI SMA Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi struktur teks prosedur yang terdapat pada website WikiHow sebagai materi ajar siswa kelas XI SMA, (2) mengidentifikasi kaidah kebahasaan teks prosedur yang terdapat pada website WikiHow sebagai materi ajar siswa kelas XI SMA, (3) mengidentifikasi kesesuaian struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur yang terdaat pada website WikiHow sebagai materi ajar siswa kelas XI SMA, (4) mengidentifikasi keragaman topik teks pada website WikiHow sebagai materi ajar siswa kelas XI SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu teks prosedur pada website WikiHow. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah simak bebas libat cakap. Instrument penelitian dalam penelitian ini adalah kartu data. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode agih. Teknik uji keabsahan data meliputi uji credibility, uji transferability, uji dependability. Hasil penelitian ini yaitu (1) adanya struktur teks prosedur pada website WikiHow sebagai materi ajar siswa kelas XI SMA yaitu ditemukan 45 teks prosedur yang sesuai dan 5 teks prosedur yang kurang sesuai, (2) adanya kaidah kebahasaan teks prosedur pada website WikiHow sebagai materi ajar siswa kelas XI SMA yaitu ditemukan 16 teks prosedur yang sesuai, 19 teks prosedur yang kurang sesuai, dan 15 teks prosedur yang tidak sesuai, (3) adanya kesesuaian struktur dan kaidah kebahasaan yaitu ditemuka 11 teks prosedur yang layak dijadikan materi ajar (4) adanya keberagaman topik teks prosedur pada website WikiHow yaitu 19 kategori topik teks prosedur. Diharapkan analisis struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur pada website WikiHow dapat dijadikan inovasi dalam materi ajar teks prosedur siwa kelas XI SMA pada masa pembelajaran jarak jauh (PJJ). Serta diharapkan pendidik dan peserta didik dapat lebih mudah mengakses materi ajar melalui website tersebut sesuai dengan teks prosedur yang dipilih.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Struktur dan Kaidah Kebahasaan, Teks Prosedur, Materi Ajar
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 11 Aug 2022 06:20
Last Modified: 11 Aug 2022 06:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51270

Actions (login required)

View Item View Item