POLA TINDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM ACARA MATA NAJWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS DISKUSI KELAS IX


Nuuril Ilma, 2101417033 (2021) POLA TINDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM ACARA MATA NAJWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS DISKUSI KELAS IX. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of POLA TINDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM ACARA MATA NAJWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS DISKUSI KELAS IX] PDF (POLA TINDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM ACARA MATA NAJWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS DISKUSI KELAS IX) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa merupakan kebutuhan pokok yang harus dimiliki manusia. Bahasa juga digunakan sebagai penunjang berbagai aktivitas manusia. Salah satunya adalah komunikasi. Dalam suatu komunikasi biasanya terdapat sebuah pesan atau makna yang ingin disampaikan oleh penutur. Makna yang disampaikan bergantung pada konteks tuturan yang ada. Dalam terjadinya proses komunikasi dan tuturan dapat ditemukan berbagai pola jenis tindak tutur. Proses terjadinya komunikasi dan tuturan tidak hanya dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Kita juga dapat melihat terjadinya proses komunikasi dan tuturan pada acara dialog interaktif seperti Mata Najwa. Selain sebagai hiburan, acara Mata Najwa yang tayang di Trans7 juga dapat digunakan sebagai sumber ajar pada pembelajaran bahasa Indonesia yaitu pada teks diskusi. Salah satu episode yang dapat digunakan sebagai sumber ajar teks diskusi adalah episode MerekaReka Cipta Kerja. Pemilihan episode tersebut dikarenakan berita mengenai hal tersebut sedang ramai dibicarakan oleh masyarakat di Indonesia. Tujuan penelitian, yaitu untuk mendeskripsikan pola tindak tutur ekspresif dalam acara Mata Najwa episode Mereka-Reka Cipta Kerja. Kemudian, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan implikasi pola tindak tutur ekspresif dalam acara Mata Najwa episode Mereka-Reka Cipta Kerja dalam pembelajaran teks diskusi kelas IX. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskripsif kualitatif dan pendekatan teoretis. Pendekatan teoretis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pragmatik. Kemudian metode penelitian yang digunakan, yaitu metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pola tindak tutur ekspresif dalam acara Mata Najwa Episode Mereka-Reka Cipta Kerja, dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Pola tindak tutur ekspresif terima kasih 5 data; (2) Pola tindak tutur ekspresif maaf 1 data; (3) Pola tindak tutur ekspresif marah 9 data; (4) Pola tindak tutur ekspresif menyindir 20 data; (5) Pola tindak tutur ekspresif mengkritik 14 data; (6) pola tindak tutur ekspresif mengeluh 17 data. Selain itu, pola tindak tutur ekspresif dapat diimplikasikan terhadap pembelajaran teks diskusi kelas IX. Peneliti menyarankan: (1) bagi sekolah, acara Mata Najwa episode MerekaReka Cipta Kerja dapat dimanfaatkan sebagai alternatif sumber ajar teks diskusi di sekolah; (2) bagi pendidik bahasa Indonesia, pola tindak tutur ekspresif dapat digunakan untuk melatih kemampuan peserta didik ketika mengungkapkan gagasan atau ide; (3) Bagi mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, hasil penelitian ini hanya terbatas pada pola tindak tutur ekspresif dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Oleh karena itu, mahasiswa iii yang berminat melakukan penelitian dengan jenis yang sama dapat mengembangkan aspek lain yang tidak dapat dijangkau pada penelitian ini; (4) Bagi pembaca hasil penelitian ini, penulis berharap penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu referensi atau bahan pengembangan materi pembelajaran tindak tutur ekspresif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pola tindak tutur, ekspresif, mata najwa, sumber ajar
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 11 Aug 2022 06:12
Last Modified: 11 Aug 2022 06:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51269

Actions (login required)

View Item View Item