PENGARUH CYBERSLACKING TERHADAP KECENDERUNGAN SMARTPHONE ADDICTION PADA MAHASISWA YANG MENGIKUTI PERKULIAHAN ONLINE


Ambarita Mumpuni, 1511417008 (2021) PENGARUH CYBERSLACKING TERHADAP KECENDERUNGAN SMARTPHONE ADDICTION PADA MAHASISWA YANG MENGIKUTI PERKULIAHAN ONLINE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH CYBERSLACKING TERHADAP KECENDERUNGAN SMARTPHONE ADDICTION PADA MAHASISWA YANG MENGIKUTI PERKULIAHAN ONLINE] PDF (PENGARUH CYBERSLACKING TERHADAP KECENDERUNGAN SMARTPHONE ADDICTION PADA MAHASISWA YANG MENGIKUTI PERKULIAHAN ONLINE) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini Indonesia sedang dilanda pandemi COVID-19 yang menyebabkan perkuliahan dilakukan secara online yang menggunakan internet yang terhubung dengan laptop/PC ataupun smartphone. Namun pada kenyataannya, smartphone yang digunakan selama perkuliahan online dapat menyebabkan para pelajar menjadi kecenderungan smartphone addiction, yakni penggunaan smartphone secara berlebihan yang berdampak negatif bagi penggunanya. Kecenderungan smartphone addiction pada mahasiswa dipengaruhi oleh faktor internal, yaitu kebiasaan menggunakan smartphone yang tinggi ketika mengikuti perkuliahan atau cyberslacking, yakni kegiatan mengakses situs atau aplikasi dengan menggunakan internet, namun tujuannya tidak berkaitan dengan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cyberslacking terhadap kecenderungan smartphone addiction pada mahasiswa yang mengikuti perkuliahan online. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Indonesia jenjang sarjana dan diploma (angkatan 2018, 2019, dan 2020) (N=418). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non probobalitiy sampling dengan cara convenience sampling. Alat pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala cyberslacking yang terdiri dari 42 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,947 dan skala smartphone addiction yang terdiri dari 25 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,891. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh cyberslacking terhadap kecenderungan smartphone addiction (t = 10,563, signifikansi p = 0,000 < 0,05) dengan besarnya pengaruh sebesar 21,1%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cyberslacking, Smartphone Addiction, Perkuliahan Online.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 11 Aug 2022 06:05
Last Modified: 11 Aug 2022 06:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51257

Actions (login required)

View Item View Item