PEER ATTACHMENT PADA ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM


Eka Nur Rahmawati, 1511415074 (2021) PEER ATTACHMENT PADA ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEER ATTACHMENT PADA ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM] PDF (PEER ATTACHMENT PADA ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Remaja merupakan suatu periode transisi kehidupan manusia yang menjembatani masa kanak-kanak dengan masa dewasa. Pada masa remaja, figur lekat dapat beralih pada figur lain selain pengasuh, seperti figur lekat teman (peer attachment). Teman memiliki pengaruh yang mendalam bagi remaja, salah satunya adalah terhadap perkembangan kenakalan remaja. Berdasarkan data Kementerian Pemuda dan Olahraga, selama tahun 2008 kenakalan remaja termasuk kedalam 17 Peristiwa Penting Gangguan Kamtibmas (PPGK) khusus. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui adanya peer attachment pada anak yang berhadapan dengan hukum. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh remaja di BRSAMPK Antasena dan LPKA Kutoarjo sejumlah 75 subjek. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh atau teknik total sampling dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Skala yang digunakan adalah skala peer attachment yang terdapat pada Inventory Parent Peer Attachment-Revised (2016) yang terdiri dari 25 item. Hasil perhitungan validitas pada skala peer attachment memiliki signifikansi sebesar 0,000 sampai 0,017 dengan hasil uji reliabilitas sebesar 0,878. Berdasarkan hasil analisis deskriptif yang telah dilakukan, aspek trust pada peer attachment yang berhadapan dengan hukum berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 58,66%. Pada aspek communication pada peer attachment yang berhadapan dengan hukum berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 57,33%. Dan aspek alienation pada peer attachment yang berhadapan dengan hukum berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 69,33%. Peer attachment secara umum berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 58,66%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peer Attachment, Anak yang berhadapan dengan hukum
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 11 Aug 2022 04:16
Last Modified: 11 Aug 2022 04:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51251

Actions (login required)

View Item View Item