KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MEDIA POSTER DAN MEDIA TAYANGAN BERITA BERTEMA ADAPTASI KEBIASAAN BARU DENGAN MODEL MIND MAPPING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP


Via Seviana, 2101417010 (2021) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MEDIA POSTER DAN MEDIA TAYANGAN BERITA BERTEMA ADAPTASI KEBIASAAN BARU DENGAN MODEL MIND MAPPING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MEDIA POSTER DAN MEDIA TAYANGAN BERITA BERTEMA ADAPTASI KEBIASAAN BARU DENGAN MODEL MIND MAPPING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP] PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MEDIA POSTER DAN MEDIA TAYANGAN BERITA BERTEMA ADAPTASI KEBIASAAN BARU DENGAN MODEL MIND MAPPING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib ditempuh dan dipelajari oleh peserta didik serta berperan sebagai penghela ilmu pengetahuan yang berorientasi pada pembelajaran berbasis teks sesuai dengan pengimplementasian dari Kurikulum 2013. Keberhasilan dari suatu pembelajaran dapat diperoleh dari peran, proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan peserta didiknya. Dalam mendukung pembelajaran agar dapat berjalan dengan lancar dan efektif, diperlukan adanya pemilihan media pembelajaran yang inovatif sebagai pemantik peserta didik agar dapat belajar secara aktif dan mandiri. Media pembelajaran merupakan salah satu bentuk sarana yang harus dipersiapkan oleh guru untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik agar dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan walaupun harus dilaksanakan secara daring. Sehingga, dilakukan pengujian untuk mengetahui keefektifan dari pembelajaran menulis teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP menggunakan media visual berupa poster dan media audiovisual berupa tayangan berita bertema adaptasi kebiasaan baru dengan model mind mapping. Penelitian ini akan mendeskripsikan tiga permasalahan, yaitu: (1) bagaimanakah keefektifan pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan media poster bertema adaptasi kebiasaan baru dengan model mind mapping pada peserta didik kelas VIII SMP, (2) bagaimanakah keefektifan pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan media tayangan berita bertema adaptasi kebiasaan baru dengan model mind mapping pada peserta didik kelas VIII SMP, (3) bagaimanakah perbedaan keefektifan antara pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan media poster dan media tayangan berita bertema adaptasi kebiasaan baru dengan model mind mapping pada peserta didik kelas VIII SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian berupa quasi experimental design (desain eksperimen semu). Bentuk dari quasi experimental design yang dipilih yaitu nonequivalent control group design. Proses penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 9 Semarang secara daring dengan menggunakan sampel kelas VIII-A sebagai kelas kontrol yang melakukan pembelajaran menggunakan media poster bertema adaptasi kebiasaan baru dengan model mind mapping dan kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen yang melakukan pembelajaran menggunakan media tayangan berita bertema adaptasi kebiasaan baru dengan model mind mapping. Hasil dari penelitian ini dapat menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan media poster bertema adaptasi kebiasaan baru dengan model mind mapping efektif digunakan pada peserta didik kelas VIII SMP. Hasil pembelajaran pada kelas VIII-A sebagai kelas kontrol menunjukkan perbedaan rata-rata antara nilai pretest dan nilai posttest. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji paired sample t-test dengan perolehan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima; (2) pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan media tayangan berita bertema adaptasi kebiasaan baru dengan model mind mapping efektif digunakan pada peserta didik kelas VIII SMP. Hasil pembelajaran pada kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen menunjukkan perbedaan rata-rata antara nilai pretest dan nilai posttest. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji paired sample t-test dengan perolehan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima; (3) pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan media tayangan berita bertema adaptasi kebiasaan baru dengan model mind mapping lebih efektif digunakan dibandingkan dengan pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan media poster bertema adaptasi kebiasaan baru dengan model mind mapping. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji independent sample t-test dengan perolehan nilai sig. (2-tailed) 0,009 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti ingin memberi saran kepada guru mata pelajaran bahasa Indonesia agar dapat memilih media pembelajaran yang tepat dan inovatif, salah satu media yang dapat dipilih adalah media audiovisual berupa media tayangan berita bertema fenomena sosial mengenai adaptasi kebiasaan baru dengan penggunaan model mind mapping karena media tersebut sudah melalui tahap pengujian keefektifan. Peserta didik hendaknya memiliki motivasi dan semangat yang tinggi walaupun harus belajar secara daring ditengah pandemi Covid-19 dan penggunaan media pembelajaran dapat dijadikan sebagai pemantik agar dapat mengoptimalkan hasil belajar peserta didik. Peneliti dalam bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dapat menjadikan penelitian ini sebagai bentuk referensi kebaruan untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran menulis teks eksplanasi, media poster, media tayangan berita, adaptasi kebiasaan baru, model mind mapping.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 11 Aug 2022 03:47
Last Modified: 11 Aug 2022 03:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51245

Actions (login required)

View Item View Item