Interaksi Pola Pelatihan Jurnalistik dalam Meningkatkan Motivasi Santri di Pesantren Durottu Aswaja Semarang


Nur Hidayatun, - and Liliek Desmawati, FIP PLS (2017) Interaksi Pola Pelatihan Jurnalistik dalam Meningkatkan Motivasi Santri di Pesantren Durottu Aswaja Semarang. Jumal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 2 (2). ISSN 2549-1717

[thumbnail of Interaksi Pola Pelatihan Jurnalistik dalam Meningkatkan Motivasi Santri di Pesantren Durottu Aswaja Semarang.pdf] PDF - Published Version
Download (356kB)
[thumbnail of Review Interaksi Pola Pelatihan Jurnalistik dalam Meningkatkan Motivasi Santri di Pesantren Durottu Aswaja Semarang.pdf] PDF - Published Version
Download (146kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pola pelatihan jurnalistik, dampak, serta faktor pendukung dan penghambat santri mengikuti pelatihan jurnalistik di pondok pesantren Durrotu Aswaja Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian terdiri dari 8 orang yaitu 5 orang peserta didik, 2 tutor, dan 1 ketua pelaksana kegiatan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teori dan sumber. Teknik analisis data melalui pegumpulan data, reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pola pelatihan jurnalistik dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dampak pelatihan bagi santri yaitu pada keterampilan tulis menulis dan pola pikir. Sedangkan yag menjadi faktor pendukung adalah kondisi dan hubungan sosial didalam pesantren dan faktor penghambatnya adalah sarana dan reward bagi peserta pelatihan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pola, Pelatihan, Motivasi, Pondok pesantren.
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > Islamic Boarding School
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 11 Aug 2022 03:21
Last Modified: 11 Aug 2022 03:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51241

Actions (login required)

View Item View Item