PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF LECTORA INSPIRE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 05 TROSO JEPARA


Putri Zunia Norviana, 1401417357 (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF LECTORA INSPIRE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 05 TROSO JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF LECTORA INSPIRE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 05 TROSO JEPARA] PDF (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF LECTORA INSPIRE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 05 TROSO JEPARA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil pra penelitian di SDN 05 Troso Jepara ditemukan beberapa permasalahan dalam proses pembelajaran muatan pelajaran IPA. Permasalahan tersebut diantaranya penggunaan serta pengembangan media pembelajaran masih belum optimal, terlebih guru belum pernah menggunakan media pembelajaran berbasis IT dalam pelaksanaan pembelajaran. Selain itu, penggunaan model pembelajaran kurang variatif sehingga menyebabkan hasil belajar sebagian siswa pada muatan pelajaran IPA rendah karena sebagian siswa merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran sebab tidak ada hal baru yang disajikan oleh guru. Sehingga peneliti mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif Lectora Inspire berbasis Problem Based Learning pada muatan pelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan, mengkaji kelayakan, serta menguji keefektifan multimedia interaktif Lectora Inspire berbasis Problem Based Learning pada muatan pelajaran IPA materi gaya dan gerak. Jenis penelitian yang digunakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Penelitian ini hanya sampai 6 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk (kelompok kecil). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non tes melalui observasi, wawancara, data dokumen dan kuesioner atau angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa multimedia interaktif Lectora Inspire berbasis Problem Based Learning sangat layak digunakan dengan persentase penilaian oleh ahli materi sebesar 86% (sangat layak) dan ahli media sebesar 100% (sangat layak). Produk multimedia interaktif Lectora Inspire berbasis Problem Based Learning efektif digunakan dalam pembelajaran dibuktikan dengan hasil uji perbedaan rata-rata (uji t) dengan menggunakan paired sample t-test diperoleh thitung sebesar -13,692 dan ttabel dengan α = 5% sebesar 2,571. Sehingga menghasilkan thitung > ttabel yaitu 13,692 > 2,571, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,769 dengan kriteria tinggi. Simpulan penelitian ini yaitu multimedia interaktif Lectora Inspire berbasis Problem Based Learning layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada muatan pelajaran IPA materi gaya dan gerak kelas IV SDN 05 Troso Jepara. Saran dalam penelitian ini yaitu mengajak guru untuk menggunakan serta mengembangkan multimedia interaktif Lectora Inspire berbasis Problem Based Learning pada muatan pelajaran IPA kelas IV SDN 05 Troso Jepara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPA; Lectora Inspire; Problem Based Learning
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 11 Aug 2022 03:07
Last Modified: 11 Aug 2022 03:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51237

Actions (login required)

View Item View Item