HUBUNGAN KEMAMPUAN PERSPECTIVE TAKING DENGAN SIBLING CONFLICT PADA REMAJA YANG MEMPUNYAI SAUDARA PENYANDANG DISABILITAS


Siti Maunah, 1511417050 (2021) HUBUNGAN KEMAMPUAN PERSPECTIVE TAKING DENGAN SIBLING CONFLICT PADA REMAJA YANG MEMPUNYAI SAUDARA PENYANDANG DISABILITAS. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of HUBUNGAN KEMAMPUAN PERSPECTIVE TAKING DENGAN SIBLING CONFLICT PADA REMAJA YANG MEMPUNYAI SAUDARA PENYANDANG DISABILITAS] PDF (HUBUNGAN KEMAMPUAN PERSPECTIVE TAKING DENGAN SIBLING CONFLICT PADA REMAJA YANG MEMPUNYAI SAUDARA PENYANDANG DISABILITAS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kelahiran seorang anak berkebutuhan khusus dapat menjadi suatu peristiwa yang traumatis dalam keluarga. Pada beberapa kasus, hubungan saudara dengan anak disabilitas menunjukkan ketidakakraban bahkan terdapat konflik. Salah satu faktor sibling conflict yaitu temperamen yang mengarah ke tingkat agresi dan bersumber pada rendahnya kemampuan kognitif. Kemampuan ini berhubungan dengan cara-cara individu mempersepsi atau memahami orang lain dalam suatu situasi hubungan atau interaksi sosial interpersonal disebut juga perspective taking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan kemampuan perspective taking dengan sibling conflict pada remaja yang mempunyai saudara penyandang disabilitas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitaif yang menggunakan skala psikologi untuk menguji hipotesis. Populasi penelitian yaitu remaja yang memiliki saudara penyandang disabilitas. Jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan teknik sampling yang digunakan adalah quota sampling. Data penelitian diukur menggunakan skala sibling conflict dan skala perspective taking. Hasil penelitian berdasarkan uji spearman rho didapatkan koefisien korelasi sebesar -0,341 dengan signifikansi 0,001 dimana p<0,05, artinya hipotesis yang menyatakan “adanya hubungan antara kemampuan perspective taking dengan sibling conflict pada remaja yang memiliki saudara penyandang disabilitas” diterima. Nilai koefisien terdapat tanda negatif (-) yang artinya bahwa arah hubungan antara kedua variabel berlawanan arah. Hubungan negatif diartikan semakin tinggi kemampuan perspective taking maka semakin rendah sibling conflict dan berlaku sebaliknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perspective taking, sibling conflict, penyandang disabilitas.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 11 Aug 2022 02:54
Last Modified: 11 Aug 2022 02:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51234

Actions (login required)

View Item View Item