“NAZARAN NIKMAT DI PASAR KRAMAT” (STUDI FENOMENOLOGI: GAMBARAN SPIRITUALITAS MASYARAKAT MENGENAI PASAR KRAMAT “PASAR JUMAT PAHING” DI DUSUN KRAMAT)


Desi Retno Wulandari, 1511417042 (2021) “NAZARAN NIKMAT DI PASAR KRAMAT” (STUDI FENOMENOLOGI: GAMBARAN SPIRITUALITAS MASYARAKAT MENGENAI PASAR KRAMAT “PASAR JUMAT PAHING” DI DUSUN KRAMAT). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of “NAZARAN NIKMAT DI PASAR KRAMAT” (STUDI FENOMENOLOGI: GAMBARAN SPIRITUALITAS MASYARAKAT MENGENAI PASAR KRAMAT “PASAR JUMAT PAHING” DI DUSUN KRAMAT)] PDF (“NAZARAN NIKMAT DI PASAR KRAMAT” (STUDI FENOMENOLOGI: GAMBARAN SPIRITUALITAS MASYARAKAT MENGENAI PASAR KRAMAT “PASAR JUMAT PAHING” DI DUSUN KRAMAT)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Sebagai seorang manusia pastinya memiliki kebutuhan dan keinginan dalam hidupnya. Berbagai cara dilakukan manusia untuk mewujudkannya. Manusia dapat berusaha untuk mencapai keinginan dirinya melalui usaha keras dari dirinya sendiri. Namun, tidak semua kebutuhan dan keinginan dapat terwujud. Dalam hal ini manusia menjadi makhluk kecil yang tidak memiliki kuasa untuk menentukan terwujud atau tidaknya keinginan. Oleh karena itu, terkadang tidak hanya usaha keras yang dilakukan oleh manusia dalam mewujudkan hajatnya. Bagi orang yang percaya, mereka akan mengharapkan kekuatan yang lebih besar di luar dirinya sebagai pengharapan setelah usahanya dan hal ini berkaitan dengan spiritualitas yaitu penerapan perilaku bernazar untuk mewujudkan hajatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran spiritualitas masyarakat mengenai Pasar Kramat “Pasar Jumat Pahing” di Dusun Kramat. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan desain penelitiannya menggunakan fenomenologi. Narasumber yang digunakan sebanyak tiga narasumber primer dengan karakteristik masyarakat yang pernah mengunjungi Pasar Kramat, pernah memiliki nazar dan mendapatkan keberuntungan atas nazarnya. Significant others yang digunakan sebanyak dua pada tiap narasumber. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta analisis data yang digunakan adalah model interaktif. Komponen tersebut meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan 8 tema umum diantaranya pengharapan kepada sosok transenden, keyakinan bernazar, kepercayaan bernazar, kemampuan mengatasi ketidakpastian hidup, hubungan, perwujudan spiritualitas, perasaan damai dan memberikan kebermanfaatan hidup bagi diri dan lingkungan. Dan 6 tema khusus diantaranya kebersyukuran, pengalaman kehidupan, memaknai hidup dengan baik, kesadaran pribadi, kemampuan menerima kondisi dan penerimaan yang baik tentang kehidupan dunia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Spiritualitas, Nazar, Pasar Kramat
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 11 Aug 2022 02:43
Last Modified: 11 Aug 2022 02:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51230

Actions (login required)

View Item View Item