PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARFISANEKA BERBASIS MICROSOFT VISUAL BASIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS KELAS V SD NEGERI SOMONGARI PURWOREJO
Ani Kurniasari, 1401417295 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARFISANEKA BERBASIS MICROSOFT VISUAL BASIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS KELAS V SD NEGERI SOMONGARI PURWOREJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARFISANEKA BERBASIS MICROSOFT VISUAL BASIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS KELAS V SD NEGERI SOMONGARI PURWOREJO)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (17MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Somogari Purworejo. Berdasarkan data pra penelitian ditemukan masalah pada pembelajaran IPS yang berkaitan dengan keterbatasan media, sumber belajar dan materi pada mapel IPS relatif banyak membuat siswa kesulitan memahami materi sedangkan penerapan model pembelajaran kurang bervariasi. Permasalahan tersebut diperlukan adanya pengembangan yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran KARFISANEKA berbasis Microsoft Visual Basic dengan model TGT untuk meningkatkan semangat belajar siswa dan lebih mudah memahami materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran,mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran KARFISANEKA berbasis Microsoft Visual Basic model TGT pada hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Somongari Purworejo. Penelitian ini menggunkan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Research and Develiopment (R&D) menggunakan model Born & Gall meliputi 8 tahap penelitian yang dilakukan yaitu: (1) potensi masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Somongari Purworejo yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini berlokasi di SD Negeri Somongari Purworejo yang berlangsung pada tahun ajaran 2020/2021 pada bulan Januari hingga Mei 2021. Penggumpulan data yaitu dengan wawancara,dokumentasi hasil belajar, angket, dan tes. Teknik analisis data meliputi analisis data produk berupa uji kelayakan media, analisis data awal dengan uji normalitas, dan analisis data akhir berupa t-test serta N-gain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase dari ahli materi sebesar 97% dan ahli media 100% dengan kategori sangat layak. Analisis data awal menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan analisis data akhir dari uji t diperoleh thitung (4,11827) > ttabel (2,00488) menunjukkan adanya perbedaan antara hasil pretest dan posttest sedangkan untuk pengujian rata-rata (N-gain) memperoleh hasil sebesar 0,52 dengan kriteria sedang. Kesimpulan penelitian ini adalah media pembelajaran KARFISANEKA layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan dan menambah wawasan guru dalam mengembangkan media untuk meningkatkan hasil belajar serta menjadi alternatif pemilihan model pembelajaran untuk meningkatkan suasana belajar yang menarik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPS, Media KARFISANEKA |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 11 Aug 2022 02:59 |
Last Modified: | 11 Aug 2022 02:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51227 |
Actions (login required)
View Item |