PENGARUH PENILAIAN MORAL TERHADAP INTENSI MEMPERTAHANKAN PEMBAJAKAN MUSIK DIGITAL PADA MAHASISWA UNNES


Nabian Risyad Amien, 1511417017 (2021) PENGARUH PENILAIAN MORAL TERHADAP INTENSI MEMPERTAHANKAN PEMBAJAKAN MUSIK DIGITAL PADA MAHASISWA UNNES. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGARUH PENILAIAN MORAL TERHADAP INTENSI MEMPERTAHANKAN PEMBAJAKAN MUSIK DIGITAL PADA MAHASISWA UNNES] PDF (PENGARUH PENILAIAN MORAL TERHADAP INTENSI MEMPERTAHANKAN PEMBAJAKAN MUSIK DIGITAL PADA MAHASISWA UNNES) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pembajakan musik menjadi kondisi yang sulit untuk dihentikan karena perkembangan teknologi. Hal ini tetap dipilih oleh para penikmat musik bajakan tidak terkecuali bagi mahasiswa, karena berbagai alasan salah satunya yaitu karena gratis. Keputusan untuk menikmati musik bajakan dapat membangkitkan rasa dilema etika tertentu yang mempengaruhi keputusan penikmat. Penilaian moral menjadi salah satu komponen perilaku moral bagaimana individu dalam memutuskan suatu perilaku setelah memahami berbagai nilai moral. Dengan begitu penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penilaian moral terhadap intensi mempertahankan pembajakan musik digital pada mahasiswa UNNES. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis menggunakan analisis regresi sederhana untuk mengetahui hubungan linier variabel prediktor terhadap variabel kriterium. Teknik sampling yang digunakan adalah propotional stratified cluster random sampling dengan total sampel sebanyak 361 mahasiswa UNNES. Adapun dalam analisis data peneliti menggunakan regresi linear sederhana didapatkan hasil F hitung sebesar 78,451 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 (< a 0,05) yang berarti dapat dinyatakan terdapat pengaruh penilaian moral terhadap intensi mempertahankan pembajakan musik digital pada mahasiswa UNNES, sehingga hipotesis diterima. Hasil analisis pada tiap variabel menunjukkan tahap penilaian moral mayoritas mahasiswa berada pada tahap ketiga sebanyak 52 subjek (15%). Sedangkan pada variabel intensi mempertahankan pembajakan musik digital berada pada kategori sedang yaitu 270 subjek (74,79%). Berdasarkan hasil pembahasan peneliti kemudian dapat mengambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penilaian moral terhadap intensi mempertahankan pembajakan digital pada mahasiswa UNNES. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi penilaian moral maka semakin rendah intensi mempertahankan pembajakan musik digital individu. Sebaliknya, semakin rendah penilaian moral individu maka semakin tinggi intensi mempertahankan pembajakan musik digital.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penilaian moral, Intensi, Pembajakan Musik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 11 Aug 2022 02:34
Last Modified: 11 Aug 2022 02:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51226

Actions (login required)

View Item View Item