PELAKSANAAN KEGIATAN LITERASI SISWA DI SDN 1 TODANAN KABUPATEN BLORA JAWA TENGAH


Diah Muthoharoh, 1401417414 (2021) PELAKSANAAN KEGIATAN LITERASI SISWA DI SDN 1 TODANAN KABUPATEN BLORA JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PELAKSANAAN KEGIATAN LITERASI SISWA DI SDN 1 TODANAN KABUPATEN BLORA JAWA TENGAH] PDF (PELAKSANAAN KEGIATAN LITERASI SISWA DI SDN 1 TODANAN KABUPATEN BLORA JAWA TENGAH) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Ada 3 hal yang menjadi fokus pendidikan yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Sikap erat kaitanya dengan pembentukan karakter dari seseorang. Melalui pembentukan serta penguatan pendidikan karakter yang baik inilah diharapkan dapat menumbuhkan siswa dengan karakter berpikir kritis, kreatif, serta mampu berkomunikasi dan berkolaborasi, mempersiapkan siswa yang berkualitas dan mampu bersaing di abad 21. Kegiatan literasi dapat dijadikan sebagai upaya untuk memilah dan memilih informasi yang banyak ditemukan siswa di berbagai media yang dapat dijumpai siswa sehari-hari. Maka diharapkan dengan adanya kegiatan literasi yang baik siswa dapat memilah dan memilih informasi yang siswa temui dan informasi mana saja yang dapat diambil sehingga siswa lebih paham dalam menerima informasi tersebut. Tujuan kegiatan literasi salah satunya agar kegiatan membaca menjadi salah satu kegiatan yang digemari siswa dan dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan literasi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas dan siswa kelas IVA SDN 1 Todanan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan literasi dilaksanakan setiap harinya dan terdapat kegiatan membaca selama 15 menit di awal pembelajaran terlihat dari 2 indikator kegiatan literasi yang telah ditetapkan. Pengaruh kegiatan literasi terhadap siswa di kelas IVA SDN 1 Todanan sudah terlihat. Pengaruh yang diperoleh dari adanya pelaksanaan kegiatan literasi menunjukkan bahwa siswa aktif dalam mengikuti kegiatan literasi. Faktor pendukung pelaksanan kegiatan literasi siswa telah didukung oleh beberapa faktor seperti sarana, prasarana dan lingkungan sekitar sekolah. Faktor penghambatnya yaitu kemampuan siswa yang berbeda dan suasana kelas. Simpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan kegiatan literasi dapat memberikan perubahan karakter gemar membaca dan sikap komunikatif pada siswa. Dengan adanya bentuk kegiatan literasi dan partisipasi dari guru membuat siswa tertarik dan proses kegiatan literasi menjadi menyenangkan serta berpengaruh terhadap karakter dan sikap komunikatif siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Literasi, Gemar Membaca, Sikap Komunikatif.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 11 Aug 2022 02:22
Last Modified: 11 Aug 2022 02:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51224

Actions (login required)

View Item View Item