KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING KELAS III SD NEGERI KARANGWONO 01 KECAMATAN TAMBAKROMO KABUPATEN PATI


Rosita Talia Andrianingsih, 1401417282 (2021) KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING KELAS III SD NEGERI KARANGWONO 01 KECAMATAN TAMBAKROMO KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING KELAS III SD NEGERI KARANGWONO 01 KECAMATAN TAMBAKROMO KABUPATEN PATI] PDF (KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING KELAS III SD NEGERI KARANGWONO 01 KECAMATAN TAMBAKROMO KABUPATEN PATI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia pada saat ini dan yang akan datang. Melalui pendidikan manusia dapat mengembangkan pola pikir dan berbagai potensi yang dimilikinya untuk kehidupan yang lebih baik. Pendidikan karakter pada satuan pendidikan formal terdapat 18 nilai dalam pendidikan karakter salah satunya karakter disiplin. Pendidikan di Sekolah termasuk dalam kategori yang memiliki kedisiplinan yang tingi, oleh karena itu pada masa Pandemi Covid-19 ini kedisiplinan belajar siswa perlu dipertanggungjawabkan. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan kedisiplinan belajar siswa dalam pembelajaran daring, serta mendiskripsikan faktor-faktor kurangnya kedisiplinan belajar siswa dalam pembelajaran daring. Pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengambilan data utama melalui wawancara dan observasi, sedangkan pengambilan data sekunder dilakukan dengan dokumentasi terkait kedisiplinan belajar siswa dalam pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 dan proses pencatatan lapangan. Peneliti melakukan wawancara dengan guru kelas III, siswa kelas III, dan orangtua siswa. Analisis data dilakukan sebelum di lapangan dengan melakukan pra penelitian dan analisis data setelah di lapangan menggunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan belajar siswa kelas III SD Negeri Karangwono 01 terlihat dari sebagian siswa mengerjakan tugas dengan tepat waktu dan terdapat siswa yang menunda dalam mengerjakan tugas, siswa yang menunda mengerjakan tugas dikarenakan orangtua siswa tidak mendampingi dan kesulitan dalam memahami materi. Guru dan orangtua memiliki berbagai cara untuk mendisiplinkan siswa yaitu adanya gebrakan atau ancaman, peraturan yang ketat dengan adanya hukuman, paksaan dan peringatan kepada siswa melalui WhatsApp Group, dan Faktor-faktor yang menyebabkan kedisiplinan belajar siswa menurun yaitu siswa mulai bosan, susahnya mendapat sinyal untuk pembelajaran, waktu pendampingan orangtua yang kurang maksimal, dan tidak kepahaman siswa dalam materi pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah perlu adanya penerapan kedisiplinan kepada siswa walaupun pembelajaran dilaksanakan secara daring yang bertujuan untuk menyadarkan siswa bahwa di rumah siswa perlu belajar dengan rajin dan disiplin. Saran dari penelitian ini kepada guru, orangtua, dan pihak sekolah adalah lebih memperhatikan siswa di rumah saat pembelajaran daring dan memberikan motivasi kepada siswa agar tetap semangat melaksanakan pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Kedisiplinan Belajar, Pembelajaran Daring
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 11 Aug 2022 02:24
Last Modified: 11 Aug 2022 02:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51222

Actions (login required)

View Item View Item