HUBUNGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS NAKULA SADEWA JEPARA
Ratna Riani, 1401417410 (2021) HUBUNGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS NAKULA SADEWA JEPARA. Under Graduates thesis, Unnes.
PDF (HUBUNGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS NAKULA SADEWA JEPARA)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran daring dan motivasi belajar merupakan faktor yang mempengaruhi hasil belajar PPKn peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran daring dapat diartikan sebagai sarana untuk belajar dengan menggunakan teknologi dan internet, untuk memenuhi kebutuhan pendidikan pada masa pandemi. Sedangkan motivasi belajar merupakan dorongan dasar yang menggerakkan seseorang untuk bertingkah laku. Peserta didik yang mempunyai antusias dalam pelaksanaan pembelajaran daring dan motivasi belajar yang tinggi maka akan tinggi pula hasil belajar PPKn yang diperoleh. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menemukan ada tidaknya hubungan pelaksanaan pembelajaran daring dengan hasil belajar PPKn. (2) untuk menemukan ada tidaknya hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn. (3) untuk menemukan ada tidaknya hubungan yang signifikan antara pelaksanaan pembelajaran daring dan motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn kelas IV SD Negeri Gugus Nakula Sadewa Jepara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SD Negeri Gugus Nakula Sadewa Jepara yang berjumlah 119. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk variabel pelaksanaan pembelajaran daring dan motivasi belajar. Sedangkan dokumentasi untuk variabel hasil belajar PPKn kelas IV. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan pembelajaran daring dengan hasil belajar PPKn dengan koefisien korelasi sebesar 0,676, dan koefisien determinasi sebesar 54,8%; (2) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn dengan koefisien korelasi sebesar 0,610, dan koefisien determinasi sebesar 21,9%; (3) terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan pembelajaran daring dan motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn dengan koefisien korelasi sebesar 0,681, dan koefisien korelasi sebesar 54,8%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pelaksanaan pembelajaran daring dan motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn kelas IV SD Negeri Gugus Nakula Jepara. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar PPKn perlu ditingkatkan antusias peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran daring dan menumbuhkan motivasi belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar PPKn, motivasi belajar, pelaksanaan pembelajaran daring |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 11 Aug 2022 02:08 |
Last Modified: | 11 Aug 2022 02:08 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51221 |
Actions (login required)
View Item |