PENGEMBANGAN MEDIA BOX MAGIC BERBASIS KODULAR MATERI KERAGAMAN BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN PUCAKWANGI 01 PATI
Eka Layli Rahmawati, 1401417348 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA BOX MAGIC BERBASIS KODULAR MATERI KERAGAMAN BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN PUCAKWANGI 01 PATI. Under Graduates thesis, Unnes.
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA BOX MAGIC BERBASIS KODULAR MATERI KERAGAMAN BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN PUCAKWANGI 01 PATI)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran IPS berfungsi untuk membina peserta didik menjadi kepribadian yang baik, berpengetahuan yang luas, serta mampu bersosialisasi di lingkup masyarakat ataupun negara. Pembelajaran IPS berbantuan media bertujuan untuk mendukung proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan pada pra penelitian di SDN Pucakwangi 01, minimnya penggunaan media pembelajaran IPS berbasis teknologi pada materi keragaman budaya membuat siswa tidak tertarik yang mengakibatkan hasil belajar IPS siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media Box Magic berbasis Kodular materi keragaman budaya untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Hasil pengembangan media divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Pada uji skala kecil dipilih 9 siswa kelas IV dan uji skala besar dengan jumlah 30 siswa di SDN Pucakwangi 01. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, tes, angket, dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis produk, analisis data awal, uji t-test dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media box magic berbasis kodular dinyatakan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. dari hasil validasi materi diperoleh presentase sebesar 95,4% kriteria sangat layak dengan perbaikan, dan oleh ahli media mendapat presentase 96% kriteria sangat layak dengan perbaikan. Hasil belajar pretest dan posttest dihitung menggunakan n-gain mengalami peningkatan sebedar 0,626 dengan kategori sedang serta uji t-test diperoleh t hitung (8,937) > t tabel (2,002) maka Ha diterima. Simpulan dari penelitian ini yaitu media Box Magic berbasis Kodular yang digunakan dalam pembelajaran IPS pada materi keragaman budaya layak digunakan dan efektif dalam peningkatan hasil belajar. Saran penelitian adalah media box magic berbasis kodular dapat dimanfaatkan untuk media pembelajaran di kelas IV pada muatan pelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media box magic, kodular, hasil belajar, pembelajaran IPS |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 10 Aug 2022 07:57 |
Last Modified: | 10 Aug 2022 07:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51220 |
Actions (login required)
View Item |