PENGEMBANGAN MEDIA GRAPHIC ORGANIZER BERBASIS APLIKASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGGALI INFORMASI TEKS BACAAN SISWA KELAS III SDN MUNTILAN
Oktiana Indah Putranti, 1401417300 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA GRAPHIC ORGANIZER BERBASIS APLIKASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGGALI INFORMASI TEKS BACAAN SISWA KELAS III SDN MUNTILAN. Under Graduates thesis, Unnes.
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA GRAPHIC ORGANIZER BERBASIS APLIKASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGGALI INFORMASI TEKS BACAAN SISWA KELAS III SDN MUNTILAN)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas III SDN Muntilan pada keterampilan menggali informasi teks bacaan dengan persentase 62,5% siswa yang belum mencapai KKM. Hal ini terjadi karena media yang tersedia di sekolah kurang memadai dan mendukung pembelajaran menggali infromasi teks bacaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Graphic Organizer Berbasis Aplikasi untuk siswa kelas III SD yakni, 1) menghasilkan media Graphic Organizer berbasis aplikasi, 2) menguji kelayakan media Graphic Oragnizer berbasis Aplikasi, dan 3) menguji keefektifan Graphic Organizer berbasis aplikasi untuk meningkatkan keterampilan menggali informasi teks bacaan siswa kelas III SD Muntilan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pengembangan (Reseacrh and Development). Prosedur penelitian menggunakan model yang diadaptasi dari sepuluh langkah model pengembangan menurut Sugiyono, dengan langkah-langkah yaitu 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) uji coba produk; 7) revisi produk; 8) uji coba pemakaian. Subjek penelitian ini adalah kelas III SD Negeri Muntilan Kabupaten Magelang berjumlah 30 siswa dilaksanakan pada bulan Mei 2021. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu media Graphic Organizer berbasis aplikasi dan variabel terikatnya adalah keterampilan menggali informasi teks bacaan siswa kelas III. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, data dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data awal dengan uji normalitas, analisis data produk, dan analisis data akhir dengan uji paired sample t-test dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase yang didapat dari ahli materi sebesar 88,89% dengan kategori sangat layak. Persentase yang dicapai oleh ahli media 97,7% dengan kategori sangat layak. Uji t diperoleh sebesar (6,982) > (1,672) maka terdapat perbedaan anatara hasil pretest dan posttest. Rata-rata N-gain penggunaan media Graphic Organizer berbasis aplikasi menunjukkan peningkatan kemampuan dengan rata-rata sebesar 0,59 kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media Graphic Organizer Berbasis Aplikasi layak oleh para ahli dan efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menggali informasi teks bacaan. Peneliti menyarankan agar guru dapat mengembangkan media pembelajaran bahasa Indonesia yang inovatif agar siswa mudah memahami dan meningkatkan keterampilan berbahasa siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Graphic Organizer; Menggali informasi teks bacaan; Pengembangan media; |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 10 Aug 2022 07:31 |
Last Modified: | 10 Aug 2022 07:31 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51218 |
Actions (login required)
View Item |