STRATEGI FUNGSIONAL GURU KELAS DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 SDN PURWOYOSO 03 KOTA SEMARANG
Siti Zulfa Asriyati, 1401417256 (2021) STRATEGI FUNGSIONAL GURU KELAS DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 SDN PURWOYOSO 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.
PDF (STRATEGI FUNGSIONAL GURU KELAS DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 SDN PURWOYOSO 03 KOTA SEMARANG)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Guru memiliki pengaruh besar dalam proses pembelajaran, salah satunya pembentukan karakter siswa. Namun, di masa pandemi Covid-19 guru terbatas dalam mengembangan nilai-nilai karakter karena tidak dapat mencontohkannya secara langsung. Sehingga karakter siswa selama masa pandemi Covid-19 belum baik, seperti kurangnya tanggung jawab dan disiplin dalam mengumpulkan penugasan serta pengaruh teknologi. Rumusan masalah penelitian ini bagaimana strategi fungsional guru kelas dalam mengembangkan nilai-nilai karakter siswa di masa pandemi Covid-19 SDN Purwoyoso 03. Tujuan penelitian ini mengkaji strategi fungsional guru kelas dalam mengembangkan nilai-nilai karakter siswa di masa pandemi Covid-19 SDN Purwoyoso 03. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif yakni menggambarkan suatu masalah. Teknik pengambilan data utama melalui wawancara dan observasi, serta pengambilan data sekunder melalui studi dokumentasi dan catatan lapangan. Peneliti melakukan wawancara terhadap guru kelas IV, guru PAI, Kepala Sekolah, dan siswa kelas IV. Analisis data dilakukan sebelum di lapangan yakni dengan melakukan pra penelitian dan setelah di lapangan analisis data menggunakan miles and hubberman. Pengujian keabsahan data menggunakan derajat kepercayaan (Credibility) serta pengujian konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya strategi fungsional guru kelas dalam mengembangkan nilai-nilai karakter siswa di masa pandemi Covid-19 SDN Purwoyoso 03 yaitu (1) penerapan pembiasaan-pembiasaan baik, pemberian teladan kepada siswa dan komunikasi dengan siswa serta wali murid. Karakter yang dikembangkan di SD Purwoyoso 03 yakni religius, mandiri, tanggung jawab dan disiplin. Guru mengembangkan nilai-nilai karakter siswa dengan membuat RPP daring dan mengitegrasikan pada proses pembelajaran. Kegiatan evaluasi berupa penilaian sikap yakni mengamati, menganilisis perilaku siswa selama proses pembelajaran melalui WhattsApp maupun video Conferences. (2) Faktor penghambat guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter yaitu terbatasnya interaksi dengan siswa, alat komunikasi siswa terbatas, terdapat siswa yang telambat dalam mengumpulkan tugas serta pengaruh kemajuan teknologi. Saran untuk sekolah perlu mengadakan pelatihan untuk guru agar terciptanya pembelajaran karakter yang inovatif serta kerja sama antara sekolah, guru dan orang tua untuk berkomunikasi, memonitoring, membimbing perkembangan siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Covid-19; Nilai-Nilai Karakter; Strategi fungsional guru |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 10 Aug 2022 07:06 |
Last Modified: | 10 Aug 2022 07:06 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51215 |
Actions (login required)
View Item |