HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN PERAN AKTIF DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS WIRAYUDA KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS


Fifi Dwiyaningsih, 1401417231 (2021) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN PERAN AKTIF DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS WIRAYUDA KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN PERAN AKTIF DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS WIRAYUDA KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS] PDF (HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN PERAN AKTIF DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS WIRAYUDA KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa adalah minat belajar dan peran aktif dalam kegiatan pembelajaran. Siswa yang memiliki minat belajar dan peran aktif yang baik dalam kegiatan pembelajaran akan berpengaruh positif terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji hubungan minat belajar dengan hasil belajar IPS Siswa Kelas V SDN Gugus Wirayuda Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas, (2) menguji hubungan peran aktif dengan hasil belajar IPS Siswa Kelas V SDN Gugus Wirayuda Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas, (3) menguji hubungan minat belajar dan peran aktif secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS Siswa Kelas V SDN Gugus Wirayuda Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Wirayuda Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas yang berjumlah 186 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling kuota sebanyak 126 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,824 dan termasuk dalam kategori sangat kuat dengan kontribusi sebesar 67,9%, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara peran aktif dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,796 dan termasuk dalam kategori kuat dengan kontribusi sebesar 63,4%, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan peran aktif secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,847 dan termasuk kategori sangat kuat dengan kontribusi sebesar 71,7%. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan peran aktif secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Wirayuda Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Saran bagi guru adalah agar dapat menciptakan suasana pembelajaran IPS yang menyenangkan dan menarik untuk meningkatkan minat belajar siswa, serta melibatkan siswa dalam pembelajaran agar siswa berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajar yang diperoleh optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS, minat belajar, peran aktif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 10 Aug 2022 06:59
Last Modified: 10 Aug 2022 06:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51212

Actions (login required)

View Item View Item