PENGEMBANGAN GAMAJA (GAME AKSARA JAWA) BERBASIS KARAKTER DISIPLIN DAN RELIGIUS PADA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SISWA KELAS IV SD N WONOSARI
Septi Tri Heningsih, 1401417277 (2021) PENGEMBANGAN GAMAJA (GAME AKSARA JAWA) BERBASIS KARAKTER DISIPLIN DAN RELIGIUS PADA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SISWA KELAS IV SD N WONOSARI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGEMBANGAN GAMAJA (GAME AKSARA JAWA) BERBASIS KARAKTER DISIPLIN DAN RELIGIUS PADA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SISWA KELAS IV SD N WONOSARI)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan data pra penelitian di SDN Wonosari berupa wawancara, angket, dan data dokumen ditemukan permasalahan dalam bahasa Jawa materi aksara Jawa terkait belum tersedianya media dan sumber belajar serta guru belum memanfaatkan fasilitas teknologi yang ada dalam proses pembelajaran dan kurangnya penanaman nilai karakter pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media pembelajaran GAMAJA (Game Aksara Jawa) Berbasis Karakter Disiplin dan Religius Pada Pembelajaran Bahasa Jawa Siswa Kelas IV SD N Wonosari. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) model Bord and Gall yang dimodifikasi menjadi 8 dari 10 tahapan: (1) potensi masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Subyek penelitian ini adalah 28 siswa kelas IV SDN Wonosari. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media pembelajaran GAMAJA (Game Aksara Jawa) Berbasis Karakter Disiplin dan Religius, sedangkan variabel terikat dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, data dokumen, angket, dan tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data produk berupa uji kelayakan media, analisis data awal dengan uji normalitas, dan analisis data akhir dengan uji n-gain dan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media GAMAJA (Game Aksara Jawa) Berbasis Karakter Disiplin dan Religius sangat layak digunakan dengan hasil persentase dari ahli media sebesar 98% dan dari ahli materi sebesar 96%. Uji t diperoleh nilai sig.(2-tailed) mencapai 0,000 < 0,050, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Keefektifan media pembelajaran dapat dilihat dari uji peningkatan rata-rata (N-Gain) yang memperoleh hasil sebesar 0,670 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan GAMAJA (Game Aksara Jawa) Berbasis Karakter Disiplin dan Religius layak dan efektif digunakan pada pembelajaran Bahasa Jawa materi Aksara Jawa meningkatkan hasil belajar siswa dan memunculkan sikap karakter disiplin dan religius.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game, Bahasa Jawa, Disiplin, Religius, Aksara Jawa |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 10 Aug 2022 06:54 |
Last Modified: | 10 Aug 2022 06:54 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51211 |
Actions (login required)
View Item |