HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN TOROH KABUPATEN GROBOGAN


Anindita Brillianti Purwaningrum, 1401417230 (2021) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN TOROH KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN TOROH KABUPATEN GROBOGAN] PDF (HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN TOROH KABUPATEN GROBOGAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan pada kelas IV SD Negeri Gugus Diponegoro Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan adalah kemandirian belajar siswa yang masih rendah. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas didapatkan data bahwa faktor yang memengaruhi kemandirian belajar siswa adalah perhatian orang tua dan motivasi belajar yang masih rendah. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menguji hubungan antara perhatian orang tua dengan kemandirian belajar, (2) menguji hubungan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar, (3) menguji hubungan antara perhatian orang tua dan motivasi belajar dengan kemandirian belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Diponegoro Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Diponegoro Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan yang berjumlah 146 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh didapatkan 115 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji korelasi sederhana, uji korelasi ganda, uji signifikansi, analisis regresi sederhana, dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan kemandirian belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Diponegoro Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan, dengan 0,603 serta berkontribusi 36,3%; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Diponegoro Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan, dengan 0,669 serta berkontribusi 44,7%; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan motivasi belajar dengan kemandirian belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Diponegoro Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan, dengan 0,701 serta berkontribusi 49,1%. Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan perhatian orang tua dan motivasi belajar dengan kemandirian belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Diponegoro Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan. Saran penelitian ini, guru hendaknya dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemandirian belajar siswa dan dapat bekerja sama dengan orang tua siswa agar orang tua siswa dapat memberikan perhatian yang cukup kepada siswa sehingga akan meningkatkan kemandirian belajarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 10 Aug 2022 06:43
Last Modified: 10 Aug 2022 06:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51209

Actions (login required)

View Item View Item