PENGEMBANGAN CD INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS3 BERBANTUAN MODEL PBL PADA MUPEL IPS KELAS VI SD VIRGO MARIA 2 BAWEN KABUPATEN SEMARANG


Citra Wahyu Permata, 1401417167 (2021) PENGEMBANGAN CD INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS3 BERBANTUAN MODEL PBL PADA MUPEL IPS KELAS VI SD VIRGO MARIA 2 BAWEN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGEMBANGAN CD INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS3 BERBANTUAN MODEL PBL PADA MUPEL IPS KELAS VI SD VIRGO MARIA 2 BAWEN KABUPATEN SEMARANG] PDF (PENGEMBANGAN CD INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS3 BERBANTUAN MODEL PBL PADA MUPEL IPS KELAS VI SD VIRGO MARIA 2 BAWEN KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Media adalah suatu saluran dalam menyajikan informasi dan tidak memiliki batasan bentuk untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga mampu merangsang minat belajar siswa. Hasil pra penelitian di kelas VI pada hasil belajar Penilaian Tengah Semester 1 kelas VI A tahun 2020/2021 terdapat nilai mupel yang dibawah KKM 70, salah satunya muatan pelajaran IPS, karena kurangnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media CD Interaktif berbasis Adobe Flash CS3, menguji kelayakan media dan menguji perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini adalah Research and Development. Prosedur penelitian menggunakan model Borg and Gall yaitu 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian. Penentuan kelayakan media pembelajaran berdasarkan uji validasi ahli, uji coba skala kecil kemudian uji skala besar. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, data dokumen, angket dan tes. Teknik analisis data meliputi analisis data awal dan analisis data akhir . Hasil penelitian menunjukan penilaian dari ahli 87,7% kriteria “sangat layak”. Dari ahli media menunjukkan 85,2% kriteria “sangat layak”. Dari ahli praktisi menunjukkan 86,4% kriteria “sangat layak”. Hasil tanggapan dari guru dan siswa setelah menggunakan media menunjukan persentase 90% dan 94% dengan kriteria “sangat layak”.Uji normalitas pada nilai pretest menunjukkan sig. sebesar 0,518 dan nilai posttest menunjukkan sig. sebesar 0,258. Uji normalitas pretest dan posttest menunjukkan nilai signifikan yang diperoleh lebih dari 0,05 sehigga nilai keduanya berdistribusi normal. Pada uji t diperoleh sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 serta pada uji N-gain peningaktan rata-rata data pretest dan posttest sebesar 0,59 dan masuk kriteria “sedang”. Simpulan penelitian ini adalah CD intekatif berbasis Adobe Flash CS3 layak digunakan dan efektif untuk meninhkatkan hasil belajar muatan pelajaran IPS. Saran dalam penelitian ini, CD interaktif berbasis Adobe Flash CS3 dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Adobe Flash CS3, CD interaktif, mupel IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 10 Aug 2022 06:27
Last Modified: 10 Aug 2022 06:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51207

Actions (login required)

View Item View Item