MODEL KEMITRAAN DESA VOKASI DALAM PEMASARAN PRODUK WIRAUSAHA GEMAWANG KECAMATAN JAMBU KABUPATEN SEMARANG


Tri Suminar, FIP Pendidikan Luar Sekolah (2018) MODEL KEMITRAAN DESA VOKASI DALAM PEMASARAN PRODUK WIRAUSAHA GEMAWANG KECAMATAN JAMBU KABUPATEN SEMARANG. Jurnal Pendidikan Nonformal, 13 (2). pp. 54-62. ISSN 1978-7138

[thumbnail of 20. Model Kemitraan Desa Vokasi Dalam Pemasaran Produk Wirausaha Gemawang Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang - KUSDIYANTO UNNES.pdf] PDF
Download (517kB)

Abstract

Hasil penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pemasaran produk, model kemitraan dalam pemasaran produk dan faktor pendukung dan penghambat menjalin kemitraan di desa vokasi Gemawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian seorang ketua desa vokasi, Kepala Desa Gemawang, pihak mitra Jandung Rawa dan 6 ketua kelompok usaha. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teori, data dan metode. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukan strategi pemasaran setiap kelompok berbeda. Model kemitraan yang digunakan yaitu inti plasma, dagang umum dan sup kontrak. Faktor pendukung menjalin kemitraan adanya mimpi dan cita-cita yang kuat untuk mengembangkan usaha saling menguntungkan. faktor penghambatnya cuaca dan kurang pengetahuan dalam menjalin mitra.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Kemitraan Pemasaran, Desa Vokasi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 10 Aug 2022 05:32
Last Modified: 10 Aug 2022 05:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51203

Actions (login required)

View Item View Item