PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN IPS KELAS VC SDN SRONDOL KULON 02 SEMARANG
Maryam Wahyuningsih, 1401417052 (2021) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN IPS KELAS VC SDN SRONDOL KULON 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN IPS KELAS VC SDN SRONDOL KULON 02 SEMARANG)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan permasalahan yang peneliti temukan, pada muatan pelajaran IPS data hasil belajar siswa kelas VC SDN Srondol Kulon 02 masih rendah karena sumber belajar yang digunakan oleh guru belum bervariasi, guru hanya menggunakan Buku Tema Paket dari Kementerian tanpa ada sumber pendukung lainnya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku ajar berbasis mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran IPS kelas VC SDN Srondol Kulon 02 Semarang, menguji kelayakan buku ajar berbasis mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran IPS kelas VC SDN Srondol Kulon 02 Semarang, dan menguji keefektifan buku ajar berbasis mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran IPS kelas VC SDN Srondol Kulon 02 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Prosedur penelitian yang dilakukan peneliti meliputi: (1) Potensi dan Masalah; (2) Pengumpulan Data; (3) Desain Produk; (4) Validasi Produk; (5) Revisi Desain; (6) Uji Coba Produk; (7) Revisi Produk; (8) Uji Coba Pemakaian. Populasi penelitian ini adalah SDN Srondol Kulon 02 Semarang, sedangkan sample penelitian ini adalah siswa kelas VC SDN Srondol Kulon 02. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas, serta analisis data akhir dengan uji N-gain dan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar berbasis mind mapping berhasil dikembangkan dengan analisis data produk, sangat layak digunakan, dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa, yang dinyatakan dari penilaian ahli media dengan persentase 83%, dan ahli materi 93%. Berdasarkan perhitungan ujit diperoleh thitung sebesar 8,697 dan ttabel sebesar 2,048 yang dinyatakan bahwa Ha diterima, dengan diperoleh peningkatan rata-rata sebesar 0,52 yang termasuk kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah buku ajar berbasis mind mapping sangat layak dan efektif digunakan pada muatan pembelajaran IPS materi jenis usaha ekonomi masyarakat Indonesia. Saran penelitian ini yaitu buku ajar dapat dijadikan referensi pendamping dalam pembelajaran IPS di sekolah, guru juga dapat mengembangkan buku ajar berbasis mind mapping pada muatan pelajaran yang lain dengan lebih inovatif dan menarik
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berdasarkan permasalahan yang peneliti temukan, pada muatan pelajaran IPS data hasil belajar siswa kelas VC SDN Srondol Kulon 02 masih rendah karena sumber belajar yang digunakan oleh guru belum bervariasi, guru hanya menggunakan Buku Tema Paket dari Kementerian tanpa ada sumber pendukung lainnya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku ajar berbasis mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran IPS kelas VC SDN Srondol Kulon 02 Semarang, menguji kelayakan buku ajar berbasis mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran IPS kelas VC SDN Srondol Kulon 02 Semarang, dan menguji keefektifan buku ajar berbasis mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran IPS kelas VC SDN Srondol Kulon 02 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Prosedur penelitian yang dilakukan peneliti meliputi: (1) Potensi dan Masalah; (2) Pengumpulan Data; (3) Desain Produk; (4) Validasi Produk; (5) Revisi Desain; (6) Uji Coba Produk; (7) Revisi Produk; (8) Uji Coba Pemakaian. Populasi penelitian ini adalah SDN Srondol Kulon 02 Semarang, sedangkan sample penelitian ini adalah siswa kelas VC SDN Srondol Kulon 02. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas, serta analisis data akhir dengan uji N-gain dan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar berbasis mind mapping berhasil dikembangkan dengan analisis data produk, sangat layak digunakan, dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa, yang dinyatakan dari penilaian ahli media dengan persentase 83%, dan ahli materi 93%. Berdasarkan perhitungan ujit diperoleh thitung sebesar 8,697 dan ttabel sebesar 2,048 yang dinyatakan bahwa Ha diterima, dengan diperoleh peningkatan rata-rata sebesar 0,52 yang termasuk kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah buku ajar berbasis mind mapping sangat layak dan efektif digunakan pada muatan pembelajaran IPS materi jenis usaha ekonomi masyarakat Indonesia. Saran penelitian ini yaitu buku ajar dapat dijadikan referensi pendamping dalam pembelajaran IPS di sekolah, guru juga dapat mengembangkan buku ajar berbasis mind mapping pada muatan pelajaran yang lain dengan lebih inovatif dan menarik |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 10 Aug 2022 04:27 |
Last Modified: | 10 Aug 2022 04:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51199 |
Actions (login required)
View Item |