PENGEMBANGAN BUKU SAKU DENGAN METODE MIND MAPPING MATERI GAMBAR BENTUK BENDA TIGA DIMENSI KELAS IV-C SDN SR
Ma’rifatul Layliyah, 1401417010 (2021) PENGEMBANGAN BUKU SAKU DENGAN METODE MIND MAPPING MATERI GAMBAR BENTUK BENDA TIGA DIMENSI KELAS IV-C SDN SR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGEMBANGAN BUKU SAKU DENGAN METODE MIND MAPPING MATERI GAMBAR BENTUK BENDA TIGA DIMENSI KELAS IV-C SDN SR)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan identifikasi masalah di kelas IV-C SDN Srondol Kulon 02 Kota Semarang melalui wawancara, Sumber belajar yang digunakan yaitu buku guru dan buku siswa dari Kemendikbud. Buku guru dan buku siswa dari Kemendikbud yang digunakan dalam pembelajaran memiliki spesifikasi antara lain, yaitu bentuk buku potrait, ukuran buku besar dengan panjang 29, 7 cm, halaman buku tebal lebih dari 720 halaman. Ukuran buku siswa yang terlalu besar dan tebal sehingga berat untuk dibawa, hal ini dapat menyebabkan kurangnya minat membaca mandiri serta dapat menjadikan salah satu faktor lupa terhadap materi yang telah sampaikan guru karena materi yang sudah siswa dapatkan tidak diulas kembali secara mandiri. Oleh Sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain media, mengetahui kelayakan, serta mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap pengembangan buku saku dengan metode mind mapping. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (RnD) dengan model pengembangan yang dikembangkan oleh Sugiyono. Prosedur pnelitian ini terdiri atas (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desaian (6) produksi terbatas. Subjek penelitian ini adalah 35 siswa kelas IV-C SDN Srondol Kulon 02 Kota Semarang. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk dan analisis data tanggapan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media buku saku dengan metode mind mapping layak untuk digunakan. Persentase kelayakan komponen isi materi yaitu 80% dengan kriteria sangat layak dan persentase kelayakan media yaitu 75% dengan kriteria layak. Selain itu, pengembangan media buku saku dengan metode mind mapping mendapatkan respon positif dari guru dan siswa. Hasil angket tanggapan guru memperoleh persentase 93, 2% dan tanggapan siswa memperoleh persentase 83, 4%. Simpulan penelitian ini yaitu pengembangan buku saku dengan metode mind mapping layak untuk digunakan dalam pembelajaran materi gambar bentuk benda tiga dimensi Kelas IV-C SDN Srondol Kulon 02 Kota Semarang. Ukuran buku dari Kemendikbud terlalu besar dan tebal sehingga berat untuk dibawa, hal ini dapat menyebabkan kurang minatnya membaca mandiri. Oleh karena itu, hendaknya guru menggunakan buku saku dengan metode mind mapping dalam pembelajaran lainnya agar menunjang proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Saku Metode Mind Mapping; Media Pembelajaran; SBdP |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 10 Aug 2022 03:40 |
Last Modified: | 10 Aug 2022 03:40 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51196 |
Actions (login required)
View Item |