HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS SUMBUD KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG


Muhammad Ahsanul Huda, 1401413396 (2021) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS SUMBUD KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS SUMBUD KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG] PDF (HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS SUMBUD KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran IPS di kelas V mencakup materi yang luas. Hasil observasi menunjukkan keterbatasan ruang dan waktu selama penerapan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19 menjadikan ketercapaian hasil belajar IPS menjadi kurang maksimal. Pada masa pandemi Covid-19 aktivitas belajar siswa lebih banyak dilakukan di rumah. Keberhasilan belajar siswa selama di rumah dipengaruhi dari beberapa faktor, di antaranya perhatian orang tua dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan perhatian orang tua dan kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS kelas V SDN Gugus Sumbud Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Terdapat dua variabel bebas yaitu perhatian orang tua dan kemandirian belajar, serta variabel terikat yaitu hasil belajar IPS. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik probably sampling dengan jumlah sampel 64 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan statsistik deskriptif, analisis korelasi, dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan pada variabel perhatian orang tua terhadap hasil belajar nilai rhitung (0,134) < rtabel (0,244). Hal tersebut menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS siswa kelas V. Sedangkan pada variabel kemandirian belajar dengan hasil belajar nilai rhitung (0,515) > rtabel (0,244). Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa kemandirian belajar berpengaruh sebesar 51,5% terhadap hasil belajar IPS. Sedangkan sebesar 48,5% hasil belajar IPS dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Simpulan penelitian ini adalah: (1) hasil belajar IPS siswa kelas V SDN di Gugus Sumbud Kecamatan Sumowono tidak terpengaruh dengan perhatian orang tua, (2) kemandirian belajar siswa kelas V SDN Gugus Sumbud memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN di Gugus Sumbud Kecamatan Sumowono dengan koefisien korelasi sebesar 0,515. Sebagai saran untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu diharapkan guru dan orang tua dapat meningkatkan kemandirian belajar yang dimiliki siswa, sehingga hasil belajar IPS dapat tercapai secara maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perhatian orang tua, kemandirian belajar, hasil belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:33
Last Modified: 10 Aug 2022 03:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51195

Actions (login required)

View Item View Item