EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN STUDI LANJUT SISWA KELAS IX G SMP NEGERI 18 PURWOREJO


Laras Panji Pambudi, 1301415060 (2021) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN STUDI LANJUT SISWA KELAS IX G SMP NEGERI 18 PURWOREJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN STUDI LANJUT SISWA KELAS IX G SMP NEGERI 18 PURWOREJO] PDF (EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN STUDI LANJUT SISWA KELAS IX G SMP NEGERI 18 PURWOREJO) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dilaksanakan berdasarkan fenomena pada kelas IX G SMP N 18 Purworejo yaitu sebagian siswa memiliki pemahaman studi lanjut yang rendah. Siswa sudah diberikan materi studi lanjut oleh guru bimbingan konseling melalui bimbingan klasikal tetapi hasil yang diperoleh belum maksimal. Untuk mengatasi permasalahan di atas dibutuhkan layanan bimbingan dan konseling yang efektif. Bimbingan kelompok dipilih karena langsung menyasar kepada siswa yang bermasalah sedangkan teknik mind mapping menarik untuk siswa sehingga siswa tidak mudah bosan. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan pemahaman studi lanjut siswa melalui bimbingan kelompok dengan teknik mind mapping. Jenis penelitian adalah adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas IX SMP N 18 Purworejo dan sampel adalah kelas IX G SMP N 18 Purworejo. Pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak memberikan peluang atau kesempatan yang sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Anggota sampel sebanyak 8 siswa dan dipilih berdasar kategori rendah pemahaman studi lanjut dalam kelas tersebut. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan skala psikologis. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menujukkan bahwa pemahaman studi lanjut siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment berupa bimbingan kelompok dengan teknik mind mapping mengalami peningkatan rata-rata sebesar 26,37%. Bimbingan kelompok dengan teknik mind mapping mampu meningkatkan pemahaman studi lanjut siswa kelas IX G nilai Z sebesar -2.524 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,012 < 0,05. Diperoleh keputusan Ha diterima dan Ho ditolak. Disimpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik mind mapping efektif untuk meningkatkan pemahaman studi lanjut siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pemahaman studi lanjut, bimbingan kelompok, mind mapping
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:28
Last Modified: 10 Aug 2022 03:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51194

Actions (login required)

View Item View Item