HUBUNGAN KETERLIBATAN ORANG TUA DAN GAYA MENGAJAR GURU DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I SD GUGUS JENDRAL SOEDIRMAN KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN DEMAK


Octaviani, 1401417040 (2021) HUBUNGAN KETERLIBATAN ORANG TUA DAN GAYA MENGAJAR GURU DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I SD GUGUS JENDRAL SOEDIRMAN KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of HUBUNGAN KETERLIBATAN ORANG TUA DAN GAYA MENGAJAR GURU DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I SD GUGUS JENDRAL SOEDIRMAN KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN DEMAK] PDF (HUBUNGAN KETERLIBATAN ORANG TUA DAN GAYA MENGAJAR GURU DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I SD GUGUS JENDRAL SOEDIRMAN KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN DEMAK) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Hasil wawancara menunjukkan terdapat masalah pada kemampuan membaca, keterlibatan orang tua, dan gaya mengajar guru pada siswa kelas I SD Gugus Jendral Soedirman Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak. Siswa masih ada kesadaran akan pentingnya membaca buku. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hubungan yang signifikan antara keterlibatan orang tua da gaya mengajar guru secara bersama-sama terhadap kemampuan membaca. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampel jenuh dengan jumlah 106 siswa kelas I SD Gugus Jendral Soedirman Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah keterlibatan orang tua dan gaya mengajar guru, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan membaca. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif, uji korelasi, dan uji regresi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Product Moment berbantuan progam SPSS. Simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan anatara keterlibatan orang tua dan gaya mengajar guru terhadap kemampuan membaca siswa. Peneliti menyarankan agar orang tua meningkatkan keterlibatannya dalam belajar siswa dan guru dapat meningkatkan gaya mengajarnya untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca, keterlibatan orang tua, gaya mengajar guru
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:11
Last Modified: 10 Aug 2022 03:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51191

Actions (login required)

View Item View Item