PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DISIPLIN KERJA, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) SE-KECAMATAN GUNUNGPATI


Ratih Sukmawati, 1102416028 (2021) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DISIPLIN KERJA, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) SE-KECAMATAN GUNUNGPATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DISIPLIN KERJA, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) SE-KECAMATAN GUNUNGPATI] PDF (PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DISIPLIN KERJA, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) SE-KECAMATAN GUNUNGPATI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan suatu wahana yang sangat strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang merupakan faktor determinan pembangunan. Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang. Guru merupakan aset penting dan berharga terutama di sekolah. Apabila dikelola dengan baik maka kinerja guru juga akan baik. Kinerja guru yang diharapkan dapat mendongkrak kualitas dan relevansi pendidikan, dalam implementasinya di lapangan. Ada banyak hal yang mempengaruhi kinerja guru diantaranya kepemimpinan kepala sekolah, disiplin kerja, dan motivasi kerja. Berdasarkan hal tersebut peneliti akan meneliti tentang pengaruh motivasi kerja, disiplin kerja dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri se-kecamatan Gunungpati. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian Ex-Post Facto. Populasi penelitian adalah seluruh guru sekolah menengah pertama Se-Kecamatan Gunungpati. Teknik pengambilan sampel menggunakan rondom sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 33 guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Berdasarkan pada data yang telah dikumpulkan dan telah dilakukan pengujian terhadap permasalah dengan menggunakan model regresi linier berganda, maka dapat diambil kesimpulan bahwa motivasi kerja guru berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru dapat dilihat dari jawaban responden yang setuju jika motivasi kerja intern maupun ekstern sangat berpengaruh terhadap kinerja yang meraka lakukan. Displin kerja guru berpengaruh secara signifikan antara terhadap kinerja guru, dengan menerapkan disiplin kerja maka kinerja yang dilakukan akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh secara signifikan antara terhadap kinerja guru. Kepemimpinan kepala sekolah yang mampu mengarahkan, membimbing serta memberikan contoh yang baik kepada guru-guru maka akan berdampak positif terhadap kinerja guru. Kepemimpinan kepala sekolah, disiplin kerja, dan motivasi kerja ketiga variabel tersebut jika dilakukan secara bersamasama berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kinerja guru SMP Negeri Se-Kecamatan Gunungpati.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpian Kepala Sekolah, Disiplin Kerja, Motivasi kerja dan Kinerja Guru.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:36
Last Modified: 09 Aug 2022 08:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51186

Actions (login required)

View Item View Item