PENGARUH KURIKULUM PROGRAM KEAHLIAN AGRIBISNIS TERNAK RUMINANSIA (ATR) TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII DI SMK NEGERI 1 BAWEN SEMARANG


Ika Juli Esyani, 1102415044 (2021) PENGARUH KURIKULUM PROGRAM KEAHLIAN AGRIBISNIS TERNAK RUMINANSIA (ATR) TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII DI SMK NEGERI 1 BAWEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KURIKULUM PROGRAM KEAHLIAN AGRIBISNIS TERNAK RUMINANSIA (ATR) TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII DI SMK NEGERI 1 BAWEN SEMARANG] PDF (PENGARUH KURIKULUM PROGRAM KEAHLIAN AGRIBISNIS TERNAK RUMINANSIA (ATR) TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII DI SMK NEGERI 1 BAWEN SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan SMK didasarkan pada kurikulum yang membekali lulusannya dengan keterampilan tertentu untuk mengisi lapangan pekerjaan. penelitian memiliki tujuan guna mengetahui pengaruh kurikulum program keahlian agribisnis ternak ruminansia terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Bawen. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian ex post facto dan sampel penelitian yang digunakan ialah proposive sampling. Subjek penelitian terdiri dari 34 siswa. Instrument yang digunakan yaitu angket. Metode pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Agribisnis Ternak Ruminansia (ATR) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat berwirausaha siswa sebesar 56, 5 %. Pengembangan kurikulum akan berpengaruh signifikan jika adanya kerjasama setiap pihak di lingkungan pendidikan secara serentak, hal ini akan menghasilkan keluaran yang memiliki integritas tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini ialah adanya pengaruh positif dan signifikan Kurikulum Agribisnis Ternak Ruminansia terhadap minat berwirausaha siswa. Saran dari penelitian ini ialah perlu diadakan evaluasi kurikulum bersama dunia industri yang terkait secara rutin, sehingga antara kompetensi yang telah diperoleh siswa disekolah dapat sesuai atau relevan dengan kebutuhan yang ada dalam dunia industri atau kerja. Siswa perlu memotivasi diri sendiri dalam menumbuhkan minat berwirausaha sehingga menjadi wirausahawan muda yang sukses di masa depan. Sekolah perlu mengembangkan minat berwirausaha siswa sejak dini yang dilengkapi dengan menunjangnya fasilitasfasilitas yang memadai guna tercipta keselarasan bagi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum ATR, Minat Berwirausaha, SMK
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:31
Last Modified: 09 Aug 2022 08:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51185

Actions (login required)

View Item View Item