ANALISIS PENGHAMBAT KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMK NEGERI 1 MIRI


Muhammad Nur Azhar, 1102414117 (2020) ANALISIS PENGHAMBAT KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMK NEGERI 1 MIRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PENGHAMBAT KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMK NEGERI 1 MIRI] PDF (ANALISIS PENGHAMBAT KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMK NEGERI 1 MIRI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Abad 21 Pendidikan di SMK dihadapkan dengan berbagai tantangan sangat kompleks. Mulai dari hal teknis hingga aspek sosial dan politik. Secara sederhana tujuan dibentuk SMK adalah untuk menciptakan generasi muda pada awal angkatan kerja yang mampu langsung terjun dan diserap oleh dunia kerja. Bonus demografi Indonesia sudah beberapa tahun ini berjalan memperlihatkan jumlah warga Indonesia usia muda seperti kelompok usia siswa SMK menempati 3 terbesar dalam sebaran penduduk Indonesia (BPS tahun 2016). Pada era globalisasi seperti saat ini, kemampuan berkomunikasi dengan Bahasa Inggris merupakan aset sangat vital. Dalam kehidupan di dunia kerja sering terjadi kegagalan diakibatkan oleh lemahnya kemampuan Berbahasa Inggris, Benua Asia merupakan wilayah dengan jumlah pengguna Bahasa Inggris terbesar di dunia, Bahasa Inggris dipakai sebagai bahasa kedua dan bahasa asing (English as Foreign Language). Di Asia, Bahasa Inggris digunakan dalam berbagai peruntukan di antaranya sebagai bahasa resmi dan semiresmi, media pembelajaran, mata pelajaran, dan Lingua Franca.Penelitian ini mengkaji tentang faktor-faktor penghambat yang mempengaruhi pembelajaran Bahasa Inggris.Teknik pengumpulan data menggnakan Teknik observasi,wawancara dan dokumentasi.Tempat penelitian di SMK Negeri 1 Miri. Akurasi data penelitian diperoleh dari hasil triangulasi. Triangulasi dalam penelitian ini adalah teknik pemeriksaan sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa faktor penghambat kemampuan Berbahasa Inggris terdapat dua hal yaitu 1) faktor internal meliputi a) niat, b)motivasi diri, c)penguasaan kosakata & tenses, d) kemampuan baca tulis siswa, e) cara belajar siswa. Selanjutnya 2) faktor eksternal yaitu a) metode pembelajaran, b)media pembelajaran, c) tugas dan penilaian, d)sumber belajar, e) kurikulum dan kebijakan sekolah, f) lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Bahasa Inggris
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:58
Last Modified: 09 Aug 2022 07:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51184

Actions (login required)

View Item View Item