PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


Viviana Cahyaningrum, 1401416485 (2021) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG] PDF (PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kemandirian belajar, motivasi belajar, dan disiplin belajar merupakan faktor utama yang dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Berdasarkan data pra penelitian yang diperoleh melalui wawancara dan observasi diketahui bahwa kemandirian belajar, motivasi belajar, dan disiplin belajar siswa kelas IV masih rendah, serta kemampuan pemecahan masalah matematika siswa perlu ditingkatkan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan jumlah populasi sebanyak 168 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sejumlah 118 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sebelum melakukan analisis data, dilakukan uji persyaratan berupa uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji signifikansi, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematika diperoleh nilai koefisien korelasi 0,424 dalam kriteria kuat; (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematika diperoleh nilai koefisien korelasi 0,488 dalam kriteria kuat; (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematika diperoleh nilai koefisien korelasi 0,543 dalam kriteria kuat; (4) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar, didiplin belajar, dan motivasi belajar secara bersamasama dengan kemampuan pemecahan masalah matematika diperoleh nilai koefisien korelasi 0,582 dalam kriteria kuat. Simpulan dalam penelitian ini yaitu: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematika; (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematika; (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematika; (4) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar, didiplin belajar, dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan kemampuan pemecahan masalah matematika. Saran bagi guru hendaknya bekerjasama meningkatkan disiplin, motivasi, dan memperhatikan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemandirian belajar; motivasi belajar; disiplin belajar; kemampuan pemecahan masalah matematika
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:55
Last Modified: 09 Aug 2022 07:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51183

Actions (login required)

View Item View Item