HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PKn KELAS III SDN GUGUS SUDIRMAN KOTA SEMARANG


Alfiatur Rokhmaniyah, 1401413295 (2021) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PKn KELAS III SDN GUGUS SUDIRMAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PKn KELAS III SDN GUGUS SUDIRMAN KOTA SEMARANG] PDF (HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PKn KELAS III SDN GUGUS SUDIRMAN KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian kurangnya motivasi belajar siswa, gaya belajar siswa yang belum dioptimalkan, dan pembelajaran PKn belum berhasil karena materi yang luas, banyak hafalan, alokasi waktu kurang sehingga berdampak terhadap hasil belajar PKn kurang optimal. Penelitian ini tentang motivasi belajar, gaya belajar, dan hasil belajar PKn siswa kelas III SDN Gugus Sudirman Kota Semarang. Tujuan penelitian: (1) menganalisis hubungan motivasi belajar dan hasil belajar PKn; (2) menganalisis hubungan gaya belajar dan hasil belajar PKn; serta (3) menganalisis hubungan motivasi belajar, gaya belajar, dan hasil belajar PKn. Jenis penelitian adalah penelitian korelasi. Populasi penelitian yaitu siswa kelas III SDN Gugus Sudirman Kota Semarang berjumlah 150 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu proporsional random sampling sehingga didapatkan sampel berjumlah 82 siswa. Variabel penelitian yaitu motivasi belajar, gaya belajar, dan hasil belajar PKn. Pengumpulan data dengan teknik tes dan teknik nontes berupa angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji persyaratan, uji hipotesis berupa korelasi product moment dan korelasi ganda, serta uji prasyarat signifikansi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada hubungan positif dan signifikan motivasi belajar dan hasil belajar PKn diperoleh rhitung > rtabel sebesar 0,600 > 2,407; (2) ada hubungan positif dan signifikan gaya belajar dan hasil belajar PKn diperoleh rhitung > rtabel sebesar 0,415 > 2,407; serta (3) ada hubungan positif dan signifikan motivasi belajar, gaya belajar, dan hasil belajar PKn diperoleh rhitung sebesar 0,650 dan nilai Fhitung > Ftabel sebesar 31,84 > 3,10.Simpulan penelitian ini ada hubungan positif dan signifikan motivasi belajar, gaya belajar, dan hasil belajar PKn. Saran, guru hendaknya membantu siswa menumbuhkan motivasi belajar dan memperhatikan gaya belajar siswa yang bervariasi agar dapat menerapkan metode pembelajaran yang sesuai untuk seluruh siswa. Siswa hendaknya mempertahankan atau meningkatkan motivasi belajarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar; gaya belajar; hasil belajar PKn.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:45
Last Modified: 09 Aug 2022 07:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51182

Actions (login required)

View Item View Item