HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS AHMAD YANI KECAMATAN BOJA KENDAL
Utami Nur Indah Sari, 1401413275 (2021) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS AHMAD YANI KECAMATAN BOJA KENDAL. Under Graduates thesis, Unnes.
PDF (HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS AHMAD YANI KECAMATAN BOJA KENDAL)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran dapat terlaksana secara efektif apabila ditunjang dengan kecerdasan emosional dan motivasi belajar yang baik. Kecerdasan emosional dan motivasi belajar berpengaruh besar pada kualitas dan kuantitas belajar siswa. Kecerdasan emosional yang positif dapat mempercepat proses belajar dan mencapai hasil belajar IPS yang lebih baik. Oleh karena itu, pembelajaran yang berhasil haruslah dimulai dengan menciptakan kecerdasan emosional yang positif dan motivasi belajar yang baik pada diri siswa. Akan tetapi berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas di SDN Gugus Ahmad Yani kecerdasan emosional dan motivasi belajar masih kurang, hal tersebut juga bisa ditunjukkan dengan nilai IPS sebagian siswa yang masih di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD di Gugus Ahmad Yani Kecamatan Boja Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 76 siswa yang diambil menggunakan teknik Cluster Sampling. Pengambilan data penelitian menggunakan skala kecerdasan emosional, motivasi belajar, dan tes hasil belajar IPS. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan analisis deskriptif, diketahui bahwa siswa kelas IV SD Di Gugus Ahmad Yani Kecamatan Boja Kendal, 77,63 % memiliki kecerdasan emosional pada kategori baik, 64,47% memiliki motivasi belajar yang baik, dan 77,7% memiliki hasil belajar IPS dalam kategori baik. Hasil analisis korelasi Bivarete Pearson, diperoleh angka koefisien korelasi (rhitung = 0,614) dan nilai signifikansi 0,000. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Ahmad Yani Kecamtan Boja Kendal. Diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu referensi untuk meningkatkan hasil belajar IPS.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan emosional; hubungan; motivasi belajar; IPS |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 07:38 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 07:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51180 |
Actions (login required)
View Item |